Perbandingan WordPress vs Blogger Keuntungan dan Kerugian

13
717
views
Perbandingan WordPress vs Blogger Keuntungan dan Kerugian - Featured Image
Perbandingan WordPress vs Blogger Keuntungan dan Kerugian - Featured Image

Perbandingan WordPress vs blogger keuntungan dan kerugian – Dalam artikel ini saya akan membandingankan wordpress dengan blogger untuk membantu anda untuk memutuskan manakah yang lebih baik dan dapat menyesuaikan kebutuhkan anda. Saya mencoba melihat keuntungan dan kerugian menggunakan wordpress dan blogger berdasarkan pengalaman. Saya sendiri sudah pernah merasakan wordpress dan blogger.

Penting: WordPress yang saya maksud dapat artikel ini adalah wordpress.org bukan wordpress.com

1) Kepemilikan

Wordpress vs blogger keuntungan dan kerugian - Ownership
WordPress vs blogger keuntungan dan kerugian – Ownership

Blogger adalah penyedia jasa blogging yang disediakan oleh perusahaan teknologi raksasa yaitu Google. Blogger itu gratis, sebagian besar fitur dapat diandalkan, dan cukup untuk publis konten yang anda inginkan di web. Namun, blogger dan konten anda bukanlah milik anda. Google yang menjalankan jasa tersebut dan memiliki hak untuk menonaktifkan akses anda ke jasanya kapanpun.

Dengan wordpress, anda menggunakan jasa penyedia hosting untuk host suatu website. Anda bebas untuk menentukan berapa lama website anda berjalan dan anda ingin menonaktifkannya. Anda memiliki semua data, dan anda mengkontrol informasi apapun ke pihak ketiga.

2) Kontrol

Wordpress vs blogger keuntungan dan kerugian - Control
WordPress vs blogger keuntungan dan kerugian – Control

Blogger merupakan jasa yang cukup baik namun memiliki banyak keterbatasan dalam tool yang ada dan keterbatasan dalam menjalankan tugas – tugas tertentu. Hal yang anda dapat lakukan di blogger sangat terbatas, tidak ada cara  untuk memperluas hal tersebut untuk menyesuaikan kebutuhan anda yang spesifik. Contohnya anda ingin melakukan cronjob, atau scheduler terhadap suatu tugas tertentu.

WordPress merupakan software yang open source. Hal ini mengartikan bahwa anda bisa menambahkan fitur apapun. Dan banyak kontributor di seluruh dunia yang membantu pengembangan wordpress. Terdapat lebih dari puluhan ribu plugin yang membuat kalian memperluas dan memodifikasi apa yang dapat website anda lakukan. Sebagai contoh scheduler untuk membuat backup, membuat portofolio, membuat online shop, dan lain lain.

Jika kita membandingkan wordpress dan blogger untuk keperluan website bisnis, wordpress sudah pasti menjadi pemenangnya untuk jangka panjang bagi pemilik bisnis yang serius.

3) Tampilan Website

Wordpress vs blogger keuntungan dan kerugian - appearance
WordPress vs blogger keuntungan dan kerugian – appearance

Blogger secara default hanya menyediakan kumpulan template yang terbatas untuk digunakan. Anda dapat melakukan modifikasi terhadapat warna, layout, menggunakan tools yang disediakan oleh blogger. Terdapat cukup banyak non-official template namun tidak cukup dapat diandalkan dan berkualitas rendah.

Terdapat ribuan tema yang gratis maupun yang premium yang disediakan oleh wordpress dan pengembang wordpress yang ada diseluruh dunia. Hal ini dapat membuat website kalian tampak profesional tanpa kemampuan koding. Tidak peduli website apa yang anda punya, anda pasti akan menemukan tema yang sesuai dengan kualitas yang baik dan mudah untuk di modifikasi.

Tampilan adalah salah satu alasan yang saya pindah dari blogger ke wordpress. Karena secara personal, saya kurang memiliki kemampuan desain.

4) Mudah dimigrasi

Wordpress vs blogger keuntungan dan kerugian - Portability
WordPress vs blogger keuntungan dan kerugian – Portability

Memindahkan website yang menggunakan blogger ke platform lain merupakan tugas yang sulit. Dan terdapat banyak resiko yang kalian alami, salah satunya kehilangan SEO, followers, dan subscriber. Walaupun blogger dapat melakukan export / import konten, data yang kalian miliki tetap berada di google.

Dengan menggunakan wordpress, anda dapat memindahkan website kemanapun anda mau. Anda dapat memindahkan wordpress dari hosting satu ke hosting lain, mengganti nama domain, dan bahkan memindahkan data kalian ke cms lain. Hal ini memungkinkan karena data kalian disimpan dalam database mysql. Dan karena hal ini juga performance blogger lebih cepat daripada wordpress. Hal ini dikarenakan wordpress mengharuskan koneksi database setiap kali menampilkan data dan blogger menyimpan datanya pada static file yaitu xml. Namun ada cara khusus untuk wordpress agar dapat merender data dalam static file.

Baca juga: 

Dan juga jika kalian membandingan WordPress dan Blogger dalam hal SEO, wordpress menawarkan banyak cara untuk meningkatkan SEO.

5) Keamanan

Wordpress vs blogger keuntungan dan kerugian - Security
WordPress vs blogger keuntungan dan kerugian – Security

Dengan menggunakan blogger, anda memiliki keuntungan tambahan dari platform aman dan terpercaya yaitu Google. Anda tidak perlu khawatir untuk mengelola server, mengamankan blog, atau membuat backup.

WordPress cukup aman, namun karena kita harus hosting sendiri kita bertanggung jawab untuk melakukan backup dan keamanan lainnya. Terdapat banyak plugin wordpress yang mendukung hal ini.

Baca juga:

Karena alasan ini saya dulu menggunakan blogger.

6) Dukungan

Wordpress vs blogger keuntungan dan kerugian - Support
WordPress vs blogger keuntungan dan kerugian – Support

Bantuan untuk blogger sangat terbatas. Blogger memiliki dokumentasi yang cukup dasar. Dalam hal support blogger dapat dikatakan kurang.

WordPress memiliki komunitas yang sangat aktif. Terdapat dokumentasi online, forum, chatroom dimana kalian dapat mendapatkan bantuan dari pengguna wordpress yang sudah berpengalaman. Terlepas dari bantuan dari komunitas, terdapat banyak perusahaan yang menawarkan bantuan premium untuk wordpress.

Berdasarkan pengalaman, biasanya saya meminta bantuan pada penyedia hosting untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

7) Masa depan

Wordpress vs blogger keuntungan dan kerugian - Future
WordPress vs blogger keuntungan dan kerugian – Future

Blogger tidak terlihat memiliki update yang besar semenjak waktu yang cukup lama. Kita sudah melihat google sudah banyak membunuh produknya sendiri seperti google reader, Adsense for feeds, dan banyak kabar burung tentang FeedBurner adalah calon selanjutnya. Masa depan blogger bergantung pada google, dan google memiliki hak untuk mematikannya kapanpun google mau.

WordPress adalah software open source yang berarti masa depannya tidak bergantung kepada perusahaan atau suatu individu. WordPress dikembangkan oleh komunitas dan penggunanya. Jika anda penasaran, anda dapat ke github dari wordpress di github.com/WordPress. Menjadi cms yang paling terkenal, ribuan bisnis di dunia yang bergantung padanya, menjadikan masa depan wordpress cerah dan meyakinkan.


Dengan artikel ini saya berharap dapat membantu kalian untuk memutuskan dan lebih memahami tentang keuntungan dan kerugikan dari masing masing untuk keperluan anda.

Jika kalian menyukai artikel ini, silahkan di share dan like dan open for discussion.

“Blogging is not for earning its about helpong others with the knowledge that you have” ~ Syed Faizan Ali

  • Abi Hilya

    makasih artikelx gan.. Setelah baca artikel ini saya betul2 paham perbedaan anatara keduanya. Sayang saya kurang tau ngotak ngatik WordPress… Ajarin donk gan.

  • blogger untuk pemula atau newbie sedangkan wp untuk tingkat menengah dan ahli

  • XUDHAX

    Lebih mudah blogger menurut saya sih, tapi wp lebih pro 😄😄

  • wandiyana

    menurut saya keduanya sma bisa menghasilkan uang
    tapi lebih enak wp banyak plugin bagus

  • Kalau pengen serius ngeblog lebih bagus wordpress tp kalo masih pemula ya blogspot pilihan yg tepat

  • Baru tahu nih keuntungan dan kelebihan masing-masing platform. Tapi saya tetap pengguna blogger sejati gan, haha. Hidup blogger!

  • Anonim

    Oow gtu ya.baru tau ada template premium yang disediakan langsung oleh wordpress

  • Kalo saya masih pake blogger, pengen sih migrasi ke wordpress tapi ilmunya masih kurang

  • bagaimana pun wordpress memang lebih cocok untuk developer web tingkat skill menengah ke atas.
    karena harus melakukan setting hosting/vps nya sendiri yg mna hal ini tidak perlu di lakukan untuk para blogger
    namun untuk pemula menurut saya lebih baik menggunakan blogger sebagai pintu memasuki dunia web developer, sampai benar benar memahami sistem kerja web itu sendiri barulah beralih ke wordpress

  • Mungkin kalau yang tidak ingin susah-susah membangun dari awal,blogspot bisa menjadi pilihan. Namun jika ingin menikmati proses bisa menggunakan wordpress, ada yang bilang juga jika menggunakan wordpress lebih cepat keindeks dan masuk page juga.

    • Itu tergantung cara setting wordpressnya dan konten yang di publish

  • Berdasarkan pembahasan mengenai perbandingan wordpress dengan blogger di atas dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki keuntungan dan kelebihan masing masing