Pengguna WordPress? Harus Tahu 8 Plugin Backup WordPress Paling Populer Ini!

0
382
views
Featured Image - Pengguna Wordpress Harus Tahu 8 Plugin Backup Wordpress Paling Populer Ini
Featured Image - Pengguna Wordpress Harus Tahu 8 Plugin Backup Wordpress Paling Populer Ini

Pengguna WordPress? Harus Tahu 8 Plugin Backup WordPress Paling Populer Ini! – Dalam kaitannya dengan teknologi dan informasi, istilah backup merupakan hal yang tak kalah penting. Mudahnya, backup merupakan proses membuat data cadangan dengan cara kerja menyalin sehingga nantinya data tersebut dapat digunakan ketika mengalami kerusakan pada data primer.

Untuk mengantisipasi kerusakan pada data primer dan untuk meningkatkan keamanan, tentu saja melakukan backup secara rutin merupakan hal yang wajib dan sangat penting. Untuk mengatasi hal tersebut, tentunya setiap pengelola web tidak mungkin selalu memindahkan data secara manual, ditambah lagi jika datanya hingga ratusan.

Namun, jangan khawatir karena anda bisa menggunakan plugin backup wordpress untuk mengatasi hal tersebut. Hanya dengan satu klik saja, anda sudah bisa mengembalikan web menjadi seperti semula ketika data primer hilang atau mengalami kerusakan.

8 Plugin backup WordPress Terpopuler

Terkadang banyak pengelola web yang kebingungan memilih plugin mana yang cocok karena plugin dengan jenis ini ada banyak sekali. Berikut ini adalah 8 plugin backup untuk wordpress yang mungkin nantinya bisa menjadi rekomendasi untuk anda.

1. BackupBuddy

Backup Buddy - Pengguna WordPress Harus Tahu 8 Plugin Backup WordPress Paling Populer Ini
Backup Buddy – Pengguna WordPress Harus Tahu 8 Plugin Backup WordPress Paling Populer Ini

BackupBuddy merupakan salah satu plugin backup wordpress terpopuler. Plugin ini mempunyai proses instalasi yang cepat dan mudah, mempunyai pengaturan yang sederhana juga merupakan salah satu kelebihannya. Tidak hanya itu saja, namun dengan menggunakan BackupBuddy anda dapat menjadwalkan kapan saja data akan di backup, baik itu dijadwalkan backup data harian, backup mingguan, bahkan bulanan.

BackupBuddy akan memberikan kapasitas gratis 1 GB penyimpanan dengan banyak pilihan diantaranya Stash, Amazon, FTP, dan lain-lain. Plugin ini juga dapat disetting untuk menghapus secara otomatis backup yang memang sudah tidak dibutuhkan lagi sesuai keinginan.

Hal lainnya yang membuat plugin ini menjadi lebih populer dan banyak digunakan adalah pihak developer yang tidak mematok harga sehingga anda tetap bisa mengaksesnya dengan gratis tanpa biaya langganan, bulanan, dan lainnya.

Read More  4 Fakta Salah Tentang Sistem Operasi Linux yang Anda Wajib Tahu

2. Duplicator

Duplicator - Pengguna WordPress Harus Tahu 8 Plugin Backup WordPress Paling Populer Ini
Duplicator – Pengguna WordPress Harus Tahu 8 Plugin Backup WordPress Paling Populer Ini

Sesuai dengan namanya, duplicator merupakan sebuat plugin yang berfungsi untuk membuat duplikat data dari satu tempat ke tempat yang lain secara aman. Duplicator dapat dinikmati secara gratis, sehingga anda tidak perlu terburu-buru lagi ke ATM untuk melakukan transfer pembayaran.

Baca juga: Cara Migrasi Hosting WordPress Menggunakan Duplicator

Namun, sayangnya untuk dapat melakukan backup terjadwal, anda harus mengupgrade plugin ini menjadi premium terlebih dahulu. Berbeda dengan BackupBuddy yang telah dijelaskan diatas. Snap Creek selaku developer plugin ini menyediakan fitur migrasi yang sangat mudah hanya dengan satu kali klik saja.

Sama seperti plugin backup wordpress lainnya, cara kerja duplicator ini membackup file, kemudian dengan hitungan menit sudah siap dipindah pada media penyimpanan online seperti Google Drive, Amazon S3, FTP, dan dropbox.

3. VaultPress

Vault Press - Pengguna WordPress Harus Tahu 8 Plugin Backup WordPress Paling Populer Ini
Vault Press – Pengguna WordPress Harus Tahu 8 Plugin Backup WordPress Paling Populer Ini

Bagi sebagian orang, plugin yang satu ini diangap paling responsive dan juga paling baik. Adanya fitur ‘real time; dan pelayanan scaning otomatis tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi plugin ini. Sayangnya, vaultpress merupakan plugin prabayar yang harus anda tebus dengan uang sekitar $3,5 per bulannya.

Jika anda mengetahui plugin jetpack, vaultpress ini ternyata diberdayakan oleh jetpack sehingga jika anda berlangganan vaultpress, secara otomatis anda juga berlangganan jetpack premium. Meskipun prabayar, namun pamor vaultpress tentu saja tidak melunturkan kepopulerannya dikalangan pengguna wordpress.

4. UpdraftPlus

UpdraftPlus - Pengguna WordPress Harus Tahu 8 Plugin Backup WordPress Paling Populer Ini
UpdraftPlus – Pengguna WordPress Harus Tahu 8 Plugin Backup WordPress Paling Populer Ini

Pada dasarnya, semua plugin backup ini mempunyai fungsi yang sama. Namun, jika anda menggunakan UpdraftPlus, sistem keamanan akan sangat diperhatikan dibandingkan menggunakan plugin backup lainnya. Bahkan, meskipun web anda tidak menggunakan sambungan SSL, namun data yang disimpan oleh plugin ini tidak akan hilang.

Baca juga: Cara Install WordPress Offline Menggunakan XAMPP

Sayangnya lagi, untuk melakukan instalasi UpdraftPlus di wordpress dengan fitur auto backup, anda harus mengupgrade nya menjadi premium dengan biaya yang cukup mahal kurang lebih $70 per tahunnya.  Plugin ini dapat disetting sesuai kebutuhan dengan alur yang mudah, anda juga akan secara otomatis menyimpan file hasil backup ke media penyimpanan seperti Rackspace, Google Drive, Dropbox, dan lain-lain.

Read More  2 Cara Membuat BlueScreen Palsu Pada Windows Untuk Ngerjain Temen

Terdapat beberapa kendala yang banyak dikeluhkan orang mengenai plugin backup wordpress yang satu ini, yaitu proses backup yang cukup lama hingga puluhan menit padahal dengan ukuran file yang kecil.

5. BackWPup

BackWPup - Pengguna WordPress Harus Tahu 8 Plugin Backup WordPress Paling Populer Ini
BackWPup – Pengguna WordPress Harus Tahu 8 Plugin Backup WordPress Paling Populer Ini

BackWPup merupakan plugin backup wordpress yang aman dan gratis. Sangat banyak pengguna wordpress yang memilih BackWPup untuk mengamankan data-datanya, sampai saat ini lebih dari lima juta orang yang mendownload. Bagi pengguna wordpress pemula, sangat disarankan untuk menggunakan plugin ini, karena cara menggunakannya sangat mudah dan cepat.

Plugin ini menyimpan semua data yang dicadangkan dalam satu file (dalam zip) sehingga sangat efektif ketika berada dalam kondisi mendesak. Contohnya ketika anda sedang membutuhkan suatu data dalam pekerjaan pada wordpress, tapi ternyata ketika anda mengakses wordpress, anda hanya melihat layar kosong. Maka BackWPup adalah solusi terbaik, satu file sudah berisi semua data yang dicadangkan.

Untuk versi premium, BackWPup ini diberi nama BackWPup Pro, anda bisa mendapatkannya hanya dengan harga $69. Karena berbayar, tentu saja versi premium akan lebih unggul. Selain dapat membuat cadangan untuk data-data, plugin ini juga dapat melakukan pemindaian keamanan, memperbaiki fitur-fitur yang rusak, dan optimalisasi basis data.

6. BackUpWordpress

BackUpWordpress mendapat rating yang nyaris 5 sehingga kepopulerannya tidak perlu dirugikan lagi. Secara keseluruhan plugin ini cukup baik karena dapat mengatur jadwal backup database dan file dengan pengaturan yang sangat mudah. Plugin yang satu ini juga bisa digunakan pada windows server dan linux.

Baca juga: Kronologi Sejarah Linux Yang Mungkin Tidak Kalian Ketahui

Sayangnya, plugin backup wordpress yang satu ini tidak dapat membackup directory sehingga mengharuskan anda untuk melakukan backup manual dengan plugin lain. Untuk versi gratis BackUpWordpress, anda tidak bisa menyimpan data backup pada media penyimpanan seperti Dropbox, FTP, dan lainnya sehingga diharuskan untuk membeli versi premiumnya.

Read More  Kerjasama Antar Operator Dapat Membantu Kunci Keberhasilan Terwujudnya IoT

7. WP-DP Backup

Plugin backup yang satu ini sangat cocok untuk anda yang tidak terlalu sering melakukan update juga tidak mengunggah gambar karena proses backup dilakukan secara manual. WD-DP Backup hanya bisa melakukan backup untuk database saja.

Hal ini mengharuskan anda untuk menginstall plugin lain dan tidak bisa menjadikan WD-DP Backup sebagai plugin backup yang utama. Meskipun begitu, WD-DP Backup mempunyai tampilan pengaturan yang sederhana untuk membuat backup database, penjadwalan otomatis, dan pengembalian otomatis database. Plugin yang satu ini juga sangat berguna untuk anda yang tidak mempunyai akses pada phpMyAdmin untuk melakukan backup database secara manual.

8. WordPress Backup to Dropbox

Wordpress Backup To Dropbox - Pengguna WordPress Harus Tahu 8 Plugin Backup WordPress Paling Populer Ini
WordPress Backup To Dropbox – Pengguna WordPress Harus Tahu 8 Plugin Backup WordPress Paling Populer Ini

WordPress Backup To Dropbox, Sesuai dengan namanya, plugin yang satu ini hanya bekerja pada dropbox. Jadi, anda tidak bisa melakukan penyimpanan pada Google Drive ataupun Amazon S3. Terdapat dua pengaturan backup yang dapat disetting dengan mudah yaitu pengaturan secara manual dan otomatis.

Baca juga: 7 Framework PHP Saat ini Yang Mungkin Tidak Kalian Ketahui

Kelebihan dari plugin yang satu ini adalah penggunaannya yang simpel dan ringan jika diinstall pada wordpress. Mengingat plugin ini hanya bisa bekerja dengan dropbox, maka akan sangat cocok untuk digunakan para pengguna dropbox.


Sekian tutorial mengenai Pengguna WordPress? Harus Tahu 8 Plugin Backup WordPress Paling Populer Ini!, jika anda mengetahui plugin backup wordpress yang baik silahkan tambahkan di kolom komentar.

Jika Anda menyukai artikel ini jangan lupa like, share, dan subscribe !

The large print giveth and the small print taketh away

~ Tom Waits

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here