3 Langkah Untuk Migrasi dari wordpress.com ke blogger.com

4
646
views

Artikel ini cocok untuk anda yang ingin migrasi dari wordpress.com ke blogger.com. Bagi anda yang membayangkan bahwa migrasi dari wordpress.com ke blogger.com itu sulit, tentu saja pikiran itu salah. Melakukan migrasi dari wordpress.com ke blogger.com hanya butuh waktu kurang dari 10 menit tergantung dari banyaknya konten yang anda punya.

Penjelasan mengenai wordpress.com, wordpress.org, dan blogger.com

Perlu anda ketahui cukup banyak blogger termasuk saya,  menganggap wordpress.com dan wordpress.org adalah platform yang sama. Dikutip dari wikipedia, wordpress.com adalah

WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan. Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan asesori apa pun selain yang sudah disediakan. Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus.

dan wordpress.org adalah

WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya. WordPress dengan Bahasa Indonesia ada berkat kerja para kontributor di Indonesia yang dipimpin oleh Huda Toriq, seorang Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

Sedangkan, blogger.com dikutip dari wikipedia adalah

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.

Mengapa kita perlu migrasi dari wordpress.com ke blogger.com ?

Berdasarkan pengalaman pribadi, jika alasan anda memilih wordpress.com adalah karena jasa hosting yang gratisnya, blogger.com jauh lebih unggul. Dan berikut alasan yang perlu anda perhatikan:

1 ) Tema yang terbatas

Keterbatasan Tema - migrasi dari wordpress
Keterbatasan Tema

Pilihan tema pada wordpress.com sangatlah terbatas. Dan yang lebih parah, tidak dapat upload tema sendiri. Fitur upload tema dan pilihan tema yang lebih banyak hanya ada di wordpress.com versi bisnis.

2 ) Iklan pada footer.

iklan wordpress - migrasi dari wordpress.com
iklan wordpress

WordPress.com menaruh iklan di bagian footer dari post. Ini merupakan alasan paling utama saya berpindah ke blogger.com

3 ) Lebih mudah apply adsense

lebih mudah apply adsense - migrasi dari wordpress.com
lebih mudah apply adsense

Blogger.com lebih mudah untuk melakukan apply adsense. Dan sudah didukung tema yang dapat dipasang ads.

4 ) Plugin yang terbatas

plugin terbatas - migrasi dari wordpress.com
plugin terbatas

Tidak dapat menggunakan dan mengunggah plugin pada versi free, padahal wordpress sangat terkenal dengan pluginnya.

Bagaimana cara migrasi wordpress.com ke blogger.com ?

1) Export konten wordpress.com

export konten wordpress - migrasi dari wordpress.com
export konten wordpress

Masuk ke halaman admin wordpress.com. Pilih Setting -> di Tab General scroll ke bawah terdapat pilihan Export. Klik Export All dan tunggu hingga prosesnya selesai dan anda dapat mendapat mendownload hasil xmlnya dalam bentuk yang sudah di kompress.

2) Konversi xml dari wordpress.com ke xml versi blogger.

Konversi xml dari wordrpess - migrasi dari wordpress.com
Konversi xml dari wordrpess

Pada umumnya anda tidak akan bisa langsung melakukan import konten dari wordpress.com ke blogger.com. Dan perlu anda ketahui xml hasil export dari wordpress.com sudah tidak didukung lagi oleh google pada tahun 2015 dengan toolsnya google-blog-converters-appengine. Beberapa orang mengaku cara tersebut masih dapat digunakan namun, membutuhkan teknikal skill yang khusus dengan menjalankan script python.

Namun berita baiknya, sudah ada programmer yang membuat tools untuk mengkonversi xml dari wordpress.com ke blogger.com. Anda cukup mengunjungi websitenya di wordpress-to-blogger-converter.

Caranya anda cukup upload xml file hasil export dari wordpress.com ke wordpress-to-blogger-converter dan tools tersebut akan mengkonversi xml wordpress menjadi xml versi blogger.

3. Import hasil konversi ke blogger.com

migrasi dari wordpress.com - import kontent ke blogger
import kontent ke blogger

Selanjutnya ke halaman admin dari blogger.com, pilih Setting -> Other -> Klik Import Content -> Dan masukkan xml hasil konversi tadi. Pada tahap ini proses migrasi telah anda lakukan.


Berdasarkan pendapat pribadi, wordpress.com sangatlah tidak rekomen karena terlalu banyak keterbatasan. Bahkan untuk versi bisnisnya pun tidak direkomendasikan, jika ingin membuat website dengan dengan platform wordpress akan lebih baik langsung menggunakan langsung dari wordpress.org. Karena dengan wordpress.org, anda dapat lebih memahami tentang cara kerja suatu sistem.

Jika anda menyukai artikel ini, like, share, dan subscribe. Saya terbuka untuk semua komentar dan diskusi.

“Blogging is not for earning. Its about helping others with the knowledge that you have” ~ Syed Faizan Ali

Referensi:

  • Jansen Jeremya Sihaloho

    untung saja dari awal sudah blogger hehe

  • rama angriawan

    Thanks, nice artikel

  • BIntang Anugrah

    min mau tanya nih, apakah kalok migrasi dari wordpress ke blogspot menjadi downgread seo pada blog tersebut ya ?

    • Ada baiknya km bikin redirection, jadi kalau masuk ke wordpress langsung di redirect ke blogspot, jadi seonya gk downgrade