3 Langkah Cara Install Dual Boot Windows Dan Linux

3
403
views
cara install dualboot windows dan linux - featured image

Artikel ini cocok untuk anda yang ingin melakukan install dual boot windows dan linux dalam satu komputer atau laptop. Sehingga dalam satu laptop / komputer, anda dapat menggunakan sistem operasi linux atau windows.

Tutorial ini akan membahas bagaimana cara install dual boot windows 10 dan linuxmint. Namun, cara ini tidak khusus untuk dual boot dengan linuxmint. Anda dapat mencoba linux distro lainnya dengan cara ini.

Terdapat sangat banyak distro linux yang dapat anda install, untuk daftarnya anda dapat mengeceknya di distrowatch.com sebagai referensi. Saya pribadi menyukai linuxmint atau ubuntu, karena user interfacenya yang mirip dengan windows 10.

Untuk mengikuti tutorial ini anda membutuhkan usb flash disk dengan kapasitas kurang lebih 2GB. Untuk infomasi, besar file sistem operasi linux mint sekitar sekitar 1.6Gb.

Mengapa perlu melakukan install dual boot windows dan linux ?

Mengutip dari wikipedia,

Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Nama “Linux” berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.

Secara pribadi, saya melakukan install dual boot windows dan linux untuk keperluan pengembangan software. Menurut saya, dengan sistem operasi linux lebih mudah untuk melakukan pengembangan software. Contohnya saja untuk menambahkan environtment variable, pada sistem operasi windows untuk menambahkan environtment variable termasuk memakan waktu karena terlalu banyak GUI yang harus diklik.

Namun, untuk bermain game atau keperluan hiburan, saya masih memilih untuk menggunakan windows. Karena beberapa game hanya di support untuk windows.

Perlu anda ketahui, anniversary windows update lalu, terdapat update yang memungkinkan anda untuk melakukan install linux sebagai subsystem dari windows. Namun masih memiliki banyak keterbatasan, untuk tutorialnya anda dapat membaca artikelnya di Cara Install Linux Pada Windows Sebagai Subsystem.

Baca juga: Cara Install Linux Pada Windows Sebagai Subsystem

Bagaimana cara melakukan install dual boot windows dan linux ?

Untuk melakukan install dualbooot windows dan linux, anda perlu mendownload beberapa file,

  1. Rufus, merupakan software yang memungkinkan usb flask disk kalian menjadi bootable flash disk. Sehingga anda dapat melakukan booting dengan menggunakan flash disk.
  2. ISO file Linuxmint, anda dapat mendowload file iso linuxmint www.linuxmint.com/download.php.

Setelah anda, mendownload file yang dibutuhkan anda dapat mengikuti langkah – langkah untuk install dual boot windows dan linux sebagai berikut,

1 ) Colok usb flash, pada laptop / komputer anda. Lalu buka aplikasi rufus yang sudah anda download tadi. Tekan icon cd pada aplikasi tersebut dan pilih file iso linuxmint yang sudah anda download. Dan teken start (Jika anda lupa mencolok usb flash disk, anda tidak akan bisa mengklik tombol start)

Bootable Flashdisk- cara install dual boot windows dan linux2 ) Setelah proses pembuatan bootable usb flash disk selesai, restart komputer / laptop dalam kondisi usb flash disk masih dalam keadaan tercolok.

Masuk ke dalam boot mode (Setiap laptop memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke dalam boot mode, anda dapat googling jika anda belum mengetahuinya).

Setelah masuk ke dalam bootmode pilih menu linuxmint yang sudah anda download.

Masuk ke dalam bootmode- cara install dual boot windows dan linux

3 ) Setelah memilih Start Linux Mint, anda akan masuk ke dalam desktop linux. Anda dapat mencoba – coba terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi.

Untuk melakukan instalasi, anda dapat mengklik icon Install Linux Mint pada desktop dan ikuti langkah – langkah instalasinya.

Install linux mint - cara install dual boot windows dan linux

Pada menu installation Type pilih Install Linux Mint alongside windows boot manager. Lalu tekan continue. Proses selanjutnya akan memakan banyak waktu karena laptop / komputer anda akan diinstall software dan driver lainnya. Setelah proses selesai anda dapat merestart dan menikmati linuxmint.

Instalation Type - cara install dual boot windows dan linux


Sekian, tutorial mengenai cara install dual boot windows dan linux pada satu laptop atau komputer. Jika anda menyukai artikel ini like, share, dan subscribe!

Unix has retarded OS research by 10 years and linux has retarded it by 20 ~ Dennis Ritchie

  • Da Ral

    wah membantu nih artikel nya saya tidak tahu kalau pc atau laptop bisa di instal dual boot makasih gan

  • Nadzan Affi

    Apa perlu kita buat partisi hardisk yang baru??soalnya kan dual boot??atau langsung aja??

    • secara tidak langsung langkah terakhir akan membuatkan partisi di hardisk kita untuk dipakai oleh linux