Pengaruh Error 404 Not Found Terhadap SEO

21
834
views
Error 404 not found - featured image
Error 404 not found - featured image

Pengaruh Error 404 Not Found Terhadap SEO – Seiring berjalannya waktu, sebagian besar website pasti mengalami perubahan. Perubahan tersebut dapat berupa penambahan artikel, penghapusan artikel, atau mungkin perubahan pada url / permalink.

Ketika anda menghapus artikel atau melakukan perubahan url atau perubahan permalink pada suatu artikel, pengunjung yang berusaha mengakses url tersebut akan ditampilkan error 404 not found. Dan terlebih lagi jika google sudah melakukan indexing pada artikel tersebut yang menyebabkan hasil pencarian di google tetap menampilkan url sebelum dimodifikasi.

Bagaimana cara melakukan pengecekan Error 404 pada website?

Dashboard Crawl Error
Dashboard Crawl Error

Salah satu pelayanan gratis Google yaitu google search console pada google webmaster telah menyediakan laporan untuk url yang di crawl oleh google namun menunjukkan error 404 not found.

Baca juga: Cara Mendaftarkan Website Ke Google Search Console

  1. Kunjungi google.com/webmasters. Klik sign in login dengan gmail yang sudah terverifikasi sebagai pemilik website anda.
  2. Pilih website yang ingin anda cek.
  3. Pilih menu Crawl -> Crawl Error.

Pada halaman crawl error anda akan disajikan oleh 4 tab yaitu,

  1. Server Error, merupakan error yang biasanya memiliki kode error >= 500 seperti  error 500 internal server error, dan banyak error lain. Server error terjadi pada bagian server.
  2. Soft 404, merupakan error not found yang diberikan oleh server untuk url yang memang tidak ada namun memberikan error selain 404 / error 410. Sebagai contoh anda melakukan modifikasi pada website sehingga ketika user menemukan error 404 maka server akan mengembalikan response 200. Google tahu apa yang kalian lakukan!
  3. Not Found, merupakan error yang diberikan oleh server dengan code 404 atau 410.
  4. Not followed, terdapat masalah pada konten atau redirection.

Apa efek samping dari Error 404 Not Found Pada SEO?

Perlu anda ketahui Error 404 pada website adalah suatu hal yang lumrah dan wajar. Seiring berjalannya waktu konten baru akan terbentuk, konten lama dihapus, dan ketika suatu konten dihapus lalu dikunjungi oleh pengunjung maka akan memberikan error 404 not found.

Walaupun error 404 not found adalah hal yang lumrah, anda perlu tau efek samping dari error 404 not found berikut ini.

1 ) Menurunkan Kepercayaan Pengunjung

disappointed error 404 not found
disappointed error 404 not found

Pengunjung yang sedang mencari browsing atau mencari informasi akan dikecewakan oleh error 404 not found. Dengan hal ini kepercayaan pengunjung terhadap website anda menjadi berkurang. Alih – alih ditunjukan artikel yang diinginkan namun ditampilkan error 404 not found.

2 ) Meningkatkan Bounce Rate

increase bounce rate
increase bounce rate

Perilaku pengunjung yang biasa dilakukan setelah mendapat error 404 not found adalah langsung menutup website dan mencari dari sumber lain. Perilaku pengunjung yang seperti ini akan meningkatkan bounce rate. Singkatnya bounce rate adalah kondisi dimana pengunjung masuk ke suatu website dan langsung menutupnya, hal ini menunjukan rasa ketidak tertarikan pengunjung kepada website dan hal ini dicatat oleh google analytics.

baca juga: Cara Memasang Google Analytics Pada Website

3 ) Mengurangi Interaksi

Reduce interaction
Reduce interaction

Bagi publisher iklan pengunjung merupakan calon customer setia. Ketika pengunjung ditampilkan dengan halaman error 404 not found, secara tidak langsung kalian kehilangan calon pengunjung setia. Error 404 not found juga mengurangi click-through rate dan trafik karena ketidak sesuaian judul dan deskripsi yang ditampilkan oleh google.

Interaksi user yang rendah (click – through rate dan bounce rate yang tinggi), meyakinkan google bahwa website anda tidak layak diberi ranking yang tinggi.

Kesimpulan

Cara terbaik untuk menanggulangi error 404 not found adalah melakukan redirection 301 atau 302. Jangan pernah meredirect error 404 not found ke halaman lain. Terdapat banyak plugin dan script yang dapat membuat pengunjung dialihkan ke homepage ketika mendapat 404 contohnya All 404 Redirect to Homepage, cara ini tidak ada bedanya dengan error 404 karena pengunjung tetap tidak mendapatkan informasi yang ia butuhkan. Dan yang terburuk kalian tidak dapat melacak url mana saja yang mengembalikan error 404 not found.

Like, subscribe, dan share jika kalian menyukai artikel ini. Dan kami terbuka terhadap pendapat, open for discussion!

Rejection is merely a redirection; A course correction to your destiny. ~ Bryant H McGill

Referensi:

  • owalah pantesan saya belum pernah dapet kaya gini 😀 tapi biasa’a web saya ada di bawah -_- semoga aja gak dapet kaya gini… 😀

  • kalo pengalihan url postingan lama eror ga ya? pengaruh ga? soalnya saya ga pernah hapus artikel paling saya alihin url nya

    • gak masalah,
      biasanya error 404 terjadi karena kita hapus artikel atau ganti url, tpi biar pastinya bisa di cek halaman google search console

  • Agung Hermawan

    Nice Artikel gan 😅,, Kalau orang yang noob atau baru mengenal seperti saya pasti pada pusing

  • Romli fj

    wah… bahaya juga ya mas eror 404 itu..

  • Vian Kamaruddin

    kalau saya malah saya redireksi ke home itu.

    • redirection ke home itu sama aja gan, gk ada beda sama 404, lebih baik di control manual ke artikel yang dimau

  • wandiyana

    iya banyak pengaruhnya dalam web kita

  • Saya menghapusnya dari index google gmana ya ? di webmastertool saya error soalnya

    • NginY

      error 404 cara hilanginnya, km harus buat redirection. Lalu di fetch as google lagi

  • Alamnovski7

    oh,, ada ngaruhnya y gan,, kirain tanda error doank 404

  • Ilmu yang sangat bermanfaat 🙂 Jadi tau efek atau imbas 404 ternyata berefek bukan hanya kepada website sendiri tapi juga terhadap visitor

  • Terimakasih atas informasinya gan
    Terkadang blog saya redirect ke exabytes , jadi banyak crawl yang error