2 Cara Update Driver Windows 10 Secara Manual Dan Otomatis

5
577
views

2 Cara Update Driver windows 10 Pada Sistem Operasi Windows – Pada artikel sebelumnya, sudah dijelaskan pengertian driver dan bagaimana suatu driver bekerja. Singkatnya driver seperti layaknya pengemudi dari suatu kendaraan, memiliki kegunaan untuk membuat suatu hardware pada komputer / laptop dapat bekerja dengan benar.

Baca juga:  Apa itu Driver Pada Operating System Dan Komputer?

Misalnya, anda memiliki printer baru yang akan disambungkan ke komputer atau laptop. Untuk membuat printer tersebut dapat bekerja sama dengan komputer atau laptop, anda membutuhkan suatu driver (biasanya dalam bentuk cd). Namun, perlu anda ketahui hardware dalam komputer anda juga memiliki driver tersendiri seperti vga, speaker, mouse, dan lain – lain.

Mengapa Perlu Mengetahui Cara Update Driver Windows?

Mengapa perlu mengetahui cara update driver windows 10  - 2 Cara Update Driver Windows 10 Secara Manual Dan Otomatis

Perlu anda ketahui driver seringkali menyebabkan masalah pada komputer salah satunya adalah bluescreen.

Driver merupakan salah satu penyebab utama munculnya bluescreen (berdasarkan pengalaman driver VGA yang paling sering bermasalah). Suatu driver dapat menyebabkan bluescreen jika driver tersebut tidak update atau bahkan driver terlalu update. Driver yang tidak update dapat membuat hardware tidak berjalan dengan baik.

Bagaimana Cara Update Driver Windows Secara Manual ?

Windows sudah menyediakan cara dan tools untuk melakukan update driver secara manual. Dan berikut caranya,

1 ) Search control panel pada windows search. Pilih menu hardware and sound lalu pilih Device Manager.

Update Driver Secara manual  - 2 Cara Update Driver Windows 10 Secara Manual Dan Otomatis2 ) Pada menu device manager, anda akan melihat daftar hardware dan jika di tekan maka akan muncul daftar driver yang di pakai. Untuk update driver, anda cukup pilih hardware yang ingin diupdate, lalu pilih driver yang ingin di update dengan cara klik kanan lalu pilih update driver.

Update driver  - 2 Cara Update Driver Windows 10 Secara Manual Dan Otomatis

Bagaimana Cara Update Driver Windows Secara Otomatis?

Dengan melakukan update driver secara manual kita tidak dapat mengetahui, sebenarnya driver mana yang tidak update. Kita harus mengeceknya satu per satu untuk mengetahui driver yang tidak update.

Namun, salah satu perusahaan teknologi yaitu iobit sudah membuat suatu tools yang dapat melakukan scanning terhadap semua driver yang terdapat pada laptop / komputer kita. Tools ini akan mengecek driver mana yang tidak update, dan anda dapat memilih untuk update atau tidak. Tools ini diberi nama Driver Booster.

Berikut cara update driver windows dengan driver booster dari iobit,

1 ) Pertama, download softwarenya pada link www.iobit.com/en/driver-booster.php

2 ) Setelah melakukan instalasi driver booster. Driver booster akan melakukan scanning untuk mengecek driver mana yang tidak terupdate.

3 ) Setelah proses scanning selesai, driver booster akan menampilkan daftar driver yang tidak update. Anda dapat memiliih driver mana yang ingin di update. Setelah itu tekan Update.Update driver dengan driver booster  - 2 Cara Update Driver Windows 10 Secara Manual Dan Otomatis

4 ) Perlu diketahui beberapa update driver memerlukan reboot / restart untuk mengimplementasi updatenya. Jadi lebih baik anda reboot / restart setelah melakukan update driver dengan driver booster.

Update driver dengan driver booster Butuh Reboot  - 2 Cara Update Driver Windows 10 Secara Manual Dan Otomatis


Sekian tutorial tentang cara update driver windows 10 secara manual dan otomatis. Jika anda menyukai artikel ini, like, share, and subscribe!

The fundamental driver in computer security, in all of the computer industry, is economics. That requires a lot of re-education for us security geeks ~ Bruce Schneier

  • Marilyn Jhoni Akbar Zoldick

    Klo mau update driver yang uknow gmn ya saya udah coba berkali” download tapi ga ada yang berhasil..kira: klo pake cara ini berhasil ga ke instal drivernya yang itu..

    • bisa berhasil bisa tidak, karena driver booster menyimpan install drivernya pada databasenya sendiri.

      tpi tidak ada salahnya dicoba

  • Hanszt

    Thank gan infonya. Bisa nyoba nih di laptop ane

  • www.ideblog.org

    Aman kah om tools nya??

    • aman dong, saya juga pakai. iobit termasuk perusahaan software yg terkenal kok