Cara mengatasi Critical Process Died Bluescreen (Solved)

16
5912
views
source http://cdn.windowsreport.com/wp-content/uploads/2016/02/critical-process-died-error-windows-10.jpg

Jika laptop / komputer dengan operating sistem windows kalian mengalami kegagalan dalam menjalan suatu proses, komputer kalian akan crash dan akan menampilkan Critical Process Died dengan kode error 0x000000EF. Penulis sendiri sudah sangat familiar dengan error ini, karena bluescreen error ini termasuk sering terjadi pada pengguna windows. Hal ini terjadi karena suatu alasan tertentu suatu proses yang dibutuhkan oleh sistem operasi windows berhenti secara tiba tiba.


Diagnosis dan penanganan pertama Critical Process Died

Jika kalian mengalami bluescreen dengan error message Critical Process Died, beberapa hal yang bisa kalian lakukan adalah sebagai berikut:
  1. Menjalankan Hardware and Devices Troubleshooter dan menjalankan Driver Verifier Manager dan mengecek apakah troubleshoot ini berhasil mengidentifikasi masalah yang terjadi pada komputer kalian.
  2. Jalankan sfc/scannow atau System File Checker untuk mengecek dan menggantikan file sistem yang telah corrupt. Jika error bluescreen ini menyebabkan anda tidak bisa mengakses dekstop kalian, kalian bisa menjalankan System File Checker in Safe Mode or Offline.
  3. Kalian bisa juga melakukan DISM untuk memperbaiki system image yang rusak
  4. Buka device manager dan lihat apakah ada tanda seru pada icon drivernya. Update driver kalian dan cek apakah dapat menyelesaikan masalah kalian. jika kalian baru saja melakukan update driver tertentu kalian bisa mencoba untuk uninstall kembali untuk mengecek apakah driver yang telah di update tersebut bermasalah atau tidak.
  5. Melakukan clean boot. Ketika kalian melakukan clean boot pada komputer, komputer kalian hanya akan menjalankan dan mengaktifkan beberapa driver seminimal mungkin hanya untuk menjalankan operating sistem kalian. Clean Boot sendiri memang di desain untuk mengisolasi masalah performa
  6. Jika masalah Critical Process Died ini muncul pada saat kalian upgrade windows kalian, kalian dapat mencoba untuk melakukan System Restore untuk mengembalikan semua update seperti semula.
  7. Cara ketujuh mungkin sedikit tidak masuk akal tpi terkadang berhasil, Kalian bisa mematikan fungsi sleep dan hibernate pada power setting pada menu Control Panel -> All control panel items -> Power Options -> Edit Plan Setting. Terkadang sistem operasi windows ada error dimana ketika kita shutdown, komputer kita tidak benar – benar ter shut down dan akan sleep.
  8. Update windows kalian
  9. Untuk membantu proses diagnosis kalian bisa menggunakan bluescreenview untuk mengecek kronologi terjadinya bluescreen.
  10. Jika kalian tidak bisa melakukan boot, kalian bisa melakukan Startup repair dari advance startup option

Baca juga:

crtical process died
crtical process died

Kira – kira begitulah cara menghadapi critical process died pada windows. Jika kalian menghadapi masalah yang sama dan menyelesaikan dengan cara yang berbeda kalian dapat menambahkannya pada kolom komentar, because sharing is caring 😀

“Discrimination has a lot of layers that make it tough for minorities to get a leg up.” ~ Bill Gates

Read More  Tips dan Trik Tetap Anonim Serta Menjaga Keamanan Ketika Online