10 Cara Mengatasi Bad Pool Caller Bluescreen Pada Windows 10 (Solved)

3
220
views
Featured Image - 10 Cara Mengatasi Bad Pool Caller Bluescreen Pada Windows 10 (Solved)
Featured Image - 10 Cara Mengatasi Bad Pool Caller Bluescreen Pada Windows 10 (Solved)

Artikel ini ditujukan bagi para pembaca yang ingin mengetahui cara mengatasi Bad Pool Caller Bluescreen pada windows 10. Dan diharapkan dengan membaca artikel ini, pembaca dapat mengatasi Bad Pool Caller bluescreen pada windows 10 di komputer / laptopnya.

Baca juga: Apa itu Bluescreen Pada Sistem Operasi Windows

Bad Pool Caller bluescreen merupakan salah satu bluescreen yang pernah saya alami beberapa tahun yang lalu. Jika anda tertarik membaca pengalaman tersebut anda dapat membacanya pada artikel di bawah ini,

Baca juga: Menghadapi Bluescreen of The Death Selama 5 Tahun (Solved)

Jika anda tertarik untuk membaca daftar bluescreen lainnya, anda dapat membaca artikel dibawah ini,

Baca juga: 351 Daftar Error Bluescreen Of The Death Yang Mungkin Tidak Anda ketahui

Mengapa Bad Pool Caller bluescreen Pada windows Dapat Terjadi ?

Mengapa Bad Pool Caller bluescreen Pada windows Dapat Terjadi ?

Bad Pool Caller bluescreen pada windows 10 (seharusnya tidak hanya pada windows 10, karena secara pribadi saya mengalaminya pada windows 10) memiliki kode error dengan nilai 0x000000C2.

Secara teknikal kode error ini memberikan indikasi bahwa thread (proses yang dapat berjalan secara paralel) yang sedang berjalan melakukan request bad pool. Hal ini memungkinkan terjadi karena permintaan pool (resource yang dapat dipakai) yang invalid pada proses yang berjalan.

Contoh kondisi pool yang invalid adalah ketika sistem operasi berusaha membebaskan / melepaskan alokasi memory yang sama lebih dari satu kali. Hal ini menyebabkan masalah karena sistem operasi berusaha membebaskan / melepas alokasi memory yang memang sudah dilepas / dibebaskan.

Contoh lain kondisi pool yang invalid adalah ketika suatu proses berusaha menggunakan pool yang sudah digunakan proses lain yang berpotensi juga menyebabkan masalah.

Bagaimana Cara Mengatasi Bad Pool Caller Bluescreen Pada windows 10?

Bagaimana Cara Mengatasi Bad Pool Caller Bluescreen Pada windows ?

Dari hasil pencarian di google dan sumber – sumber yang saya kumpulkan terdapat beberapa cara yang mungkin dapat mengatasi bad pool caller Bluescreen pada windows. Salah satu solusinya berhasil menyembuhkan masalah bad pool caller bluescreen pada windows 10 beberapa tahun yang lalu.

Perlu dicatat jika anda tidak dapat masuk ke dalam desktop laptop / komputer, anda dapat melakukan hal – hal dibawah ini dengan cara masuk ke dalam safe mode,

Baca juga: 4 Cara Masuk Ke Safe Mode Dengan Advance Startup Options Pada Windows 10

1 ) Melakukan Windows Update

Lakukan windows update, karena sistem operasi windows akan selalu update. Ada kemungkinan bluescreen terjadi karena bug tersebut. Dan update terbaru dari windows kemungkinan juga menyelesaikannya. Untuk update windows,

Tekan tombol windows -> ketik settings -> Update & security -> Tekan Check for updates

2 ) Menjalankan program Anti-virus

Virus dapat merubah kinerja sistem operasi menjadi tidak berjalan semestinya, menjalankan software antivirus adalah tindakan yang masuk akal.

Salah satu antivirus yang paling saya rekomendasi adalah malwarebytes. Software ini pernah menjadi penyelamat komputer saya ketika terserang adware. Malwarebytes memiliki versi gratis dan premium. Namun, bagi saya versi gratis sudah cukup.

3 ) Mengembalikan Perubahan Terakhir pada Sistem

Coba ingat – ingat kembali apa yang anda telah lakukan kepada laptop / komputer anda sebelum terkena Bad Pool Caller bluescreen. Dan cobalah untuk mengembalikan perubahan ke posisi semula.

4 ) Update drivers

Lagi – lagi kita dihadapkan dengan solusi update drivers. Driver yang tidak terupdate atau driver yang bermasalah pada sound card, graphics card, chipset, network adapters, processors atau yang lainnya dapat menyebabkan Bad Pool Caller bluescreen.

Pastikan anda semua drivers dalam kondisi yang paling update dengan cara dibawah ini,

Baca juga: 2 Cara Update Driver Windows 10 Secara Manual Dan Otomatis

5 ) Melakukan Windows Memory Diagnostic Tool

RAM yang bermasalah adalah penyebab paling sering dari Bad Pool Caller Bluescreen pada windows 10. Windows sudah menyediakan tools untuk memperbaiki dirinya sendiri.

tekan tombol windows + r -> ketik mdsched.exe -> OK

Lalu tekan pilih Restart now and check for problems (recommended) untuk mengecek RAM anda sekarang juga.

Setelah itu windows akan me-restart dirinya sendiri lalu akan menjalankan diagnosis. Proses ini kira – kira berjalan 10 menit. Jika anda tidak melihat error pada prosesnya, hal ini menandakan RAM anda sehat.

6) Diagnosis pada Harddisk

* Sebelum melakukan hal ini pastikan anda menutup semua aplikasi yang terbuka

Selanjutnya lakukan diagnosis pada harddisk, harddisk yang corrupt juga merupakan penyebab dari Bad Pool Caller Bluescreen pada windows 10. Tak ada salahnya melakukan diagnosis pada harddisk untuk mengecek apakah harddisk anda bermasalah atau tidak.

Tekan windows + e -> pilih this PC -> klik kanan pada harddisk yang menjadi tempat penyimpanan sistem operasi (biasanya di C) -> pilih Properties -> Tools -> Check.

Setelah menekan Check windows akan mengecek harddisk anda, jika masalah tidak ditemukan maka harddisk bukanlah penyebabnya.

7 ) Update BIOS

Perlu diperhatikan, secara pribadi saya belum pernah melakukan hal ini. Namun, beberapa sumber menyebutkan dengan melakukan update BIOS dapat menyebabkan data loss. Untuk melakukan update BIOS bergantung pada distributor laptop anda. Anda dapat mengeceknya pada official website distributor laptop anda sendiri.

8 ) Menggunakan Windows Driver Verifier

Windows driver verifier merupakan software bawaan windows untuk keperluan troubleshooting.

Untuk melakukan windows driver verifier anda dapat membaca artikel dibawah ini,

Baca juga: Cara Melakukan Driver Verifier Manager

9 ) Uninstall Program Antivirus Yang Didownload

Secara default windows dilengkapi windows Defender yang melindungi sistem operasi dari serangan virus.

Namun, anda bebas untuk melakukan instalasi program antivirus lainnya.

Namun, program tersebut sebenarnya bisa saja menyebabkan bad pool caller bluescreen  pada windows 10 karena tidak kompatibel dengan sistem operasi.

Cobalah untuk melakukan uninstall pada antivirus.

10 ) Install ullang windows 10

Langkah paling frustasi jika bad pool caller bluescreen ini membandel. Lakukan backup jika memungkinkan.


Sekian tutorial mengenai  cara mengatasi Bad Pool Caller Bluescreen pada windows 10, semoga tutorial ini membantu anda mengatasi masalah Bad Pool Caller Bluescreen pada windows 10 pada laptop / komputer anda.

Jika anda menemukan cara lain untuk mengatasi Bad Pool Caller Bluescreen pada windows 10, beritahu kami pada kolom komentar!

Jika anda menyukai artikel ini likeshare, dan subscribe!

You cannot live life without error, because life is error ~ Unknown

Referensi:

  • PRO Gamers

    mantaap niaaan

  • PRO Gamers

    thankss broooooooooooooo

  • PRO Gamers

    good