5 Cara Mengatasi Masalah Audio Tidak Bersuara Pada Linuxmint (Solved)

2
362
views

Cara Mengatasi Masalah Audio Tidak Bersuara Pada Linuxmint – Artikel ini cocok bagi anda yang mengalami masalah audio tidak bersuara pada linuxmint atau ubuntu. Solusi ini saya tulis berdasarkan pengalaman, beberapa hari yang lalu melakukan install dualboot windows 10 dan linuxmint. Untuk tutorialnya anda dapat membacanya di 3 Langkah Cara Install Dual Boot Windows Dan Linux.

Baca juga: 3 Langkah Cara Install Dual Boot Windows Dan Linux

Setelah melakukan install dualboot windows 10 dan linuxmint, tanpa saya sadari ternyata audio tidak bersuara pada linuxmint. Saya menyadari hal tersebut ketika mendengarkan musik yang tidak bersuara di youtube. Namun, ketika saya mengganti ke sistem operasi windows, audio tidak bermasalah sama sekali.

Mengapa audio tidak bersuara dapat terjadi ?

Mengapa Audio Tidak bersuara pada linux mint - Cara Mengatasi Masalah Audio Tidak Bersuara Pada Linuxmint (Solved)
Mengapa Audio Tidak bersuara pada linux mint

Berdasarkan research yang saya lakukan di google, audio tidak bersuara merupakan masalah yang cukup umum terjadi pada linux.

Masalah ini sering terjadi ketika anda baru saja melakukan install sistem operasi linux atau baru saja melakukan update driver pada linux.

Baca juga:

Bagaimana cara mengatasi audio tidak bersuara pada linuxmint ?

Ketika saya mengalami masalah audio tidak bersuara pada linuxmint, saya melakukan telah melakukan beberapa cara dan gagal. Dan berikut cara – cara yang saya lakukan,

1) Pastikan audio anda tidak dalam kondisi mute (terdengar konyol tapi sering terjadi).

2) Buka terminal, dengan menekan ctrl + alt + t lalu masukkan kode ini sudo alsa force-reload. Saya menemukan cara ini bekerja untuk beberapa orang, namun tidak bekerja pada masalah saya.

Reload alsa - Cara Mengatasi Masalah Audio Tidak Bersuara Pada Linuxmint (Solved)
Reload alsa

3) Setelah tidak berhasil dengan reload alsa, saya mencoba untuk melakukan install ulang pada alsa, dengan cara memasukan kode sudo apt-get remove --purge alsa-base pulseaudio pada terminal untuk uninstall alsa. Lalu install kembali alsa dengan memasukkan kode sudo apt-get install alsa-base pulseaudio. Lalu coba reload kembali alsa yang baru saja di install dengan memasukkan kode sudo alsa force-reload. Namun, cara ini masih tidak dapat membuat audio saya bersuara.

4) Pastikan alsamixer, tidak dalam kondisi di mute. Anda dapat mengeceknya dengan memasukkan kode alsamixer pada terminal.

Cek alsamixer - Cara Mengatasi Masalah Audio Tidak Bersuara Pada Linuxmint (Solved)
Cek alsamixer

5) Cara terakhir yang saya lakukan yang dapat audio pada linuxmint bekerja kembali adalah dengan install pavucontrol dengan cara memasukkan kode sudo apt-get install pavucontrol pada terminal. Cara ini saya dapatkan ketika menanyakan solusi di forum linuxmint dan terbukti bekerja dengan baik.


Sekian tutorial tentang cara mengatasi audio tidak bersuara pada linuxmint. Jika anda mengalami masalah yang sama dan menyelesaikan masalahnya dengan cara yang berbeda, anda dapat membagikannya di kolom komentar.

Jika anda menyukai artikel ini like, share, dan subscribe!

We cannot solve our problems with the same thinking we used when we created them ~ Albert Einstein

Referensi:

  • Nadzan Affi

    kalau untuk windows ada nggak?? masalahnya sama kayak waktu pake linux mint..
    jadi sering ganti OS