Cara Melakukan Driver Verifier Manager

5
508
views
driver verifier manager featured
driver verifier manager featured

Jika windows kalian sering mengalami freeze atau sering kali mengalami stop error atau bluescreen, maka artikel ini bisa menjadi saran untuk masalah kalian. Windows memiliki tools troubleshooter selain Hardware and Device Troubleshooter yaitu driver verifier manager. Driver verifier manager ini merupakan tools troubleshooter yang digunakan untuk mengidentifikasikan masalah pada driver.


Langkah – langkah melakukan Driver Verifier Manager

Untuk masuk ke menu Driver Verifier Manager kalian cukup tekan tombol window pada keyboard dan ketik verifier dan tekan enter.
driver verifier manager featured
driver verifier manager featured
Driver verifier manager akan melakukan proses test pada setiap driver yang digunakan ketika laptop melakukan start up. Jika driver verifier manager menemukan suatu driver yang bermasalah maka proses akan berhenti dan mengidentifikasikan masalah yang ditemukan.
driver verifier manager
driver verifier manager
Langkah awal yang biasa dilakukan adalah,
  1. Pilih Create standart setting > next
  2. Pilih Automatically select unsigned drivers next
  3. Setelah itu kalian akan melihat dialog box yang bertuliskan Loading Driver Information dan setelah proses selesai kalian akan melihat list driver yang bermasalah atau dalam kontekss ini unassigned driver
  4. Langkah terakhir adalah pilihan finish atau cancel. Menurut penulis pribadi langkah terbaik adalah memilih cancel dan secara manual kita dapat melakukan uninstall driveryang bermasalah atau melakukan roll back atau update atau yang lainnya. Jika memilih finish ketika kalian melakukan restart maka mungkin pc kalian akan menampilkan pesan error yang menampilkan juga driver yang bermasalah.
  5. Jika semua sudah selesai kalian dapat mematikan driver verifier manager dengan mengetik verifier /reset pada kolom search dan tekan enter.
Read More  Masalah 4G Xiaomi karena TKDN (Solved)
Sekian tutorial tentang cara melakukan troubleshooting dengan cara driver verifier manager. Jika tutorial ini membantu menyelesaikan masalah kalian, bisa ceritakan di kolom komentar dan jangan lupa share :D. Because sharing is caring.

“If you can’t make it good, at least make it look good.” ~ Bill Gates

5 COMMENTS

  1. berdasarkan pembahasan di atas saya ingin bertanya, disini saya mempunyai kendala pada browser yang jika di jalankan selalu ada perintah error. bukan hanya sekali, sudah saya coba uninstal dan instal lagi dan hasinya tetap error. yang jadi pertanyaan saya apakah aplikasi browser berhubungan dengan DRIVER VERIFIER MANAGER ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here