7 Penyebab Utama Komputer Bluescreen, Error, dan Ngehank Yang Harus Kamu Ketahui

1
1430
views
Featured Image - 7 Penyebab Utama Komputer Bluescreen, Error, dan Ngehank Yang Harus Kamu Ketahui
Featured Image - 7 Penyebab Utama Komputer Bluescreen, Error, dan Ngehank Yang Harus Kamu Ketahui

7 Penyebab Utama Komputer Bluescreen, Error, dan Ngehank Yang Harus Kamu Ketahui – Setelah sebelumnya Nginy pernah membahas tentang apa itu blue screen yang sebenarnya, kini Nginy akan kembali membahas topik yang masih ada kaitannya dengan bluescreen.

Ibaratkan manusia yang sering mengalami masalah, itu jugalah yang terjadi pada komputer. Setelah beberapa tahun pemakaian, berbagai masalah pun bermunculan. Hingga pada akhirnya komputer pun jadi error, ngehank, ataupun terjadi bluescreen.

Masalah yang terjadi pada komputer sebenarnya dapat dimaklumi. Apalagi kalau semisal usia komputer sudah tua, jadi wajar kalau rentan pada kerusakan. Pertanyaan yang mungkin sering muncul di pikiran Anda “apa penyebab utama komputer blue screen, error, ataupun ngehank?” Jawabannya akan dibahas di bawah ini.

1. Kerusakan pada Hardware Komputer

Hardware adalah perangkat keras komputer yang fungsinya sangat krusial dalam menjalankan program di komputer. Apabila salah satu bagian hardware rusak, komputer pun tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Yang ada malah komputer akan ngehank, error, atau blue screen.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Hardware dan Devices dengan Troubleshooter

Seluruh komponen hardware memiliki kode IRQ masing-masing. Kode ini berguna sebagai alat pengenal pada sistem hardware, sehingga komponen yang satu dapat mengenali komponen lainnya. Apabila pemasangan IRQ pada komputer tidak sesuai pada bagiannya, lambat laun komputer pun bisa rusak ataupun ngehank.

Read More  7 Trik Rahasia Google Yang Membantu Kita Beraktivitas

2. Pengaturan BIOS yang Tidak Sesuai

Motherboard yang ada pada komputer dibekali dengan chipset masing-masing. Chipset ini nantinya akan disetting terlebih dahulu agar komputer dapat beroperasi dengan baik. Nah, apabila setting pada chipset di motherboard tidak sesuai, komputer pun akan otomatis ngehank ataupun error. Itulah kenapa Anda perlu teliti saat mensetting chipset tersebut.

3. Software yang Terlalu Berat

Software terlalu berat - 7 Penyebab Utama Komputer Bluescreen, Error, dan Ngehank Yang Harus Kamu Ketahui
Software terlalu berat – 7 Penyebab Utama Komputer Bluescreen, Error, dan Ngehank Yang Harus Kamu Ketahui

Software yang dipasang pada komputer juga perlu diperhatikan. Apabila ukuran software yang dipasang terlalu berat, komputer pun otomatis akan ngehank dengan sendirinya. Hank pun akan lebih mudah terjadi apabila jumlah software berat yang terpasang pada komputer mencapai puluhan. Untuk itu, pasang atau install lah software yang benar-benar diperlukan agar komputer Anda jauh dari kata hank ataupun error.

Software yang paling sering menyebabkan komputer nge-hank biasanya adalah game. Karena game membutuhkan banyak RAM dan juga ruang storage yang tidak sedikit.

4. Komputer Overheating

Pemasangan software yang terlalu banyak akan mempermudah terjadinya overheating, apalagi kalau penggunaan komputer yang sudah berjam-jam lamanya. Overheat ini berasal dari perangkat CPU yang sudah tidak mampu lagi meng-handle pekerjaan yang dilakukan oleh user.

Read More  7 Fakta Instagram Yang Mungkin Tidak Kalian Ketahui

Overheating yang dibiarkan terus-menerus akan membuat komputer menjadi error, ngehank, atau bahkan cepat rusak. Agar komputer tahan lama, sebaiknya sediakan kipas pendingin tambahan di bagian CPU. Ketika CPU sudah mulai overheat, nyalakan kipas pendingin tersebut agar CPU kembali ke kondisi normal seperti sedia kala.

5. Kondisi RAM yang Buruk

RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu bagian hardware yang berfungsi untuk menyimpan data-data di dalam komputer. RAM yang tidak berkualitas akan mengakibatkan komputer error dengan sendirinya. Selain itu, pemasangan chip yang tidak cocok di bagian RAM akan memicu terjadinya bluescreen. Sehingga kinerja dari komputer Anda akan menjadi lambat atau mahal ngehank sendiri secara tiba-tiba.

Baca juga: Cara Melakukan Diagnosis RAM Dengan Tool Gratis Windows Memory Diagnostic

6. Virus Komputer

Serangan virus - 7 Penyebab Utama Komputer Bluescreen, Error, dan Ngehank Yang Harus Kamu Ketahui
Serangan virus – 7 Penyebab Utama Komputer Bluescreen, Error, dan Ngehank Yang Harus Kamu Ketahui

Virus menjadi salah satu musuh bubuyutan komputer dan perangkat elektronik lainnya. Virus yang terdapat pada sebuah perangkat akan secara otomatis melemahkan sistem kerja di komputer dan menyebabkan komputer menjadi hank, error, dan bluescreen.

Read More  5 Jenis Extension Pada Gambar, Pahami Perbedaannya!

Parahnya lagi, beberapa virus dapat merusak sistem boot pada komputer. Sehingga komputer benar-benar tidak bisa lagi dijalankan. Tidak hanya itu, virus pada komputer juga mampu melenyapkan semua data yang tersimpan di komputer. Jadi, Anda harus lebih hati-hati. Kalau perlu, pasang beberapa anti-virus berbayar agar komputer aman dari serangan virus.

7. Driver yang tidak update

Alasan ketujuh merupakan alasan langganan yang sering terjadi pada window yang menyebabkan bluescreen. Untuk melakukan update driver Anda dapat membacanya pada artikel di bawah ini,

Baca juga: 2 Cara Update Driver Windows 10 Secara Manual Dan Otomatis


Apabila suatu saat komputer Anda tiba-tiba ngehank, error, atau bluescreen, bisa jadi penyebabnya adalah salah satu dari tujuh poin yang sudah dijelaskan di atas.

Don’t focus on having a great blog. Focus on producing a blog that’s great for your readers

~ Brian Clark