7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga

0
136
views
Featured Image - 7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga
Featured Image - 7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga

7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga – Yak, kembali lagi dengan artikel-artikel fakta dari nginy.net, portal artikel – artikel mengenai dunia teknologi dan digital masa kini. Kali ini artikel fakta nginy.net akan membahas tentang perusahaan yang ‘menelurkan’ salah satu processor termahsyur saat ini yaitu Qualcomm.

Menjadi salah satu andalan para pengembang ponsel pintar dunia, perusahaan ini telah menelurkan ‘naga’ yang siap menumpas para pesaingnya. Ya, sang Qualcomm Snapdragon digadang – gadang sebagai processor terkuat yang umum disematkan pada rentang ponsel mid-end hingga high-end, menjadikannya sebagai pangsa pasar dominan dalam bidang chipset dan processor.

Perusahaan yang berbasis di San Diego, Amerika Serikat ini telah mengembangkan berbagai produk Snapdragon-nya dalam beberapa varian sesuai dengan kebutuhan permintaan pasar yang ada. Tidak hanya sebatas ponsel pintar saja, namun mereka juga sudah merambah ke dunia perangkat keras komputasi.

Dan tanpa diketahui, ternyata sang penakluk ‘naga’ ini memiliki berbagai fakta menarik mengenai sepak terjang kebangkitannya dalam merajai pasar global. Maka berikut ini 7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga yang menarik untuk diperbincangkan oleh para penggunannya.

1) Produk pertama Qualcomm adalah radio ‘kopdar’ khusus truk

Produk pertama Qualcomm adalah radio ‘kopdar’ khusus truk - 7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga
Produk pertama Qualcomm adalah radio ‘kopdar’ khusus truk – 7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga

Sebelum akhirnya ia muncul sebagai pemain di dunia chipset dan processor, Qualcomm terlebih dahulu muncul di masyarakat sebagai sebuah perusahaan telekomunikasi nirkabel yang mengkhususkan dirinya pada teknologi-teknologi komunikasi berbasis gelombang radio dan sinyal pendek.

Pada saat itu, produk mereka yang pertama kali masuk pada pasar komersil adalah sebuah radio digital berbasis gelombang sinyal pendek yang memiliki fitur GPS dan perpesanan. Produk yang diberi nama OmniTRACKS ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan kargo dan ekpedisi untuk disematkan pada truk-truk mereka. Hingga akhirnya pada tahun 1990 mereka berubah haluan ke bidang perangkat seluler CDMA.

Read More  7 Trik Rahasia Google Yang Membantu Kita Beraktivitas

2) Qualcomm Snapdragon yang mampu menumbangkan pesaing-pesaingnya

Qualcomm Snapdragon yang mampu menumbangkan pesaing-pesaingnya - 7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga
Qualcomm Snapdragon yang mampu menumbangkan pesaing-pesaingnya – 7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga

Meski pada awalnya Qualcomm harus terseok-seok ketika melebarkan ‘sayapnya’ ke dalam ranah chipset dan processor, namun pada akhirnya ia mampu merajai pasar tersebut dengan berbagai inovasi dan keunggulan produk yang dimilikinya.

Hanya memerlukan waktu dua tahun untuk menyempurnakan Snapdragon-nya, Qualcomm mampu mengalahkan pemain-pemain besar kala itu seperti Texas Instrument dan Nvidia. Hingga pada saat Samsung memilih Qualcomm sebagai pendukung produk – produk ponsel pintarnya, ia akhirnya mampu mengalahkan dominasi pasar processor yang lama dipegang oleh Intel.

3) Qualcomm lebih dulu mendominasi pada pangsa jaringan seluler dunia

Qualcomm lebih dulu mendominasi pada pangsa jaringan seluler dunia - 7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga
Qualcomm lebih dulu mendominasi pada pangsa jaringan seluler dunia – 7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga

Dikarenakan lamanya ia berkecimpung pada dunia jaringan dan telekomunikasi nirkabel, menjadikan Qualcomm sebagai perusahaan berpengalaman dalam bidang perkembangan jaringan seluler dan berbagai teknologi pendukungnya.

Beberapa terobosan teknologi jaringan yang sudah diprakarsai diantaranya seperti jaringan CDMA atau singkatan dari Code-division Multiple Access, HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) atau yang juga dikenal dengan 3G dan bahkan LTE (Long Term Evolution) atau yang juga dikenal dengan sebutan 4G. Sebagian besar teknologi jaringan tersebut dimiliki oleh Qualcomm sebagai pemegang patennya, wow!

4) Qualcomm juga berkecimpung pada bisnis satelit jaringan seluler

Qualcomm juga berkecimpung pada bisnis satelit jaringan seluler - 7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga
Qualcomm juga berkecimpung pada bisnis satelit jaringan seluler – 7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga

Dominasinya pada bidang jaringan seluler tersebut tidak terlepas dari keunggulannya dalam pengembangan teknologi jaringan telekomunikasi dan nirkable. Hal ini dapat dilihat dari keseriusannya dalam mengembangkan teknologi – teknologi yang berhubungan dengan bidang-bidang tersebut.

Beberapa diantaranya telah direalisasikan dalam bentuk pengembangan-pengembangan teknologi jaringan yang termutakhir. Salah satu komitmen mereka tersebut diwujudkan dengan diberdayakannya satelit sebagai teknologi penunjang jaringan.

Read More  5 Hal yang Wajib Diketahui Tentang Nintendo Labo

Pada tahun 90-an mereka sudah bekerjasama dengan perusahaan yang bergerak pada bidang antariksa dan teknologi satelit, Loral Space & Communications, untuk pengembangan sistem bernama Globalstar yang terdiri dari 44 satelit aktif demi menunjang teknologi jaringan mereka. Wajar saja jika berbagai teknologi jaringan diatas mampu diprakarsai oleh mereka.

5) Tidak hanya chipset dan processor, Qualcomm memiliki banyak varian produk

Tidak hanya chipset dan processor, Qualcomm memiliki banyak varian produk - 7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga
Tidak hanya chipset dan processor, Qualcomm memiliki banyak varian produk – 7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga

Meski Qualcomm dikenal berkat kiprah dari Snapdragon miliknya, namun sudah banyak produk-produk lain yang telah ‘ditelurkan’ jauh sebelum itu. Beberapa produk tersebut bahkan terbilang sukses ia rajai dan berhasil menarik minat khalayak dunia. Berbagai produk mulai dari piranti keras hingga piranti lunak telah berhasil Qualcomm pasarkan hingga ke tingkat internasional.

Beberapa yang ia unggulkan seperti: produk perangkat realitas virtual miliknya – Qualcomm VR Headset, telepon satelit, transmisi penerima gelombang televisi – MediaFLO system, sistem komunikasi ‘walkie-talkie’ – Qchat, modem dan provider seluler – Qualcomm Gobi, panel tampilan layar perangkat – Mirasol Display, pengisi daya perangkat nirkabel – HALO, sistem operasi – BREW (Binary Runtime Environment for Wireless), codec penerimaan bunyi – FEC Codec, dan masih banyak lagi.

6) Sebagian besar produk ponsel pintar Samsung menggunakan produk Qualcomm Snadragon

Sebagian besar produk ponsel pintar Samsung menggunakan produk Qualcomm Snadragon - 7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga
Sebagian besar produk ponsel pintar Samsung menggunakan produk Qualcomm Snadragon – 7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga

Semenjak Qualcomm memenangkan ‘tender’ proyek pembuatan chipset dan processor milik produk-produk ponsel pintar Samsung dengan Snapdragon miliknya, kemahsyurannya di bidang teknologi perangkat seluler semakin dikenal dunia. Dengan bantuan Samsung lah, berbagai produk Qualcomm tersebut bisa sampai hingga ke berbagai tempat dan mungkin salah satunya ada ditangan kita para penggunanya.

Hal inipun diakui oleh Qualcomm sendiri bahwa kurang lebih sekitar 80% produk ponsel pintar Samsung, menggunakan chipset dan processor buatan mereka. Meski begitu, atas dasar mengurangi biaya produksi dan menghindari harga yang terlalu tinggi dipasaran, Samsung hanya menyematkan produk – produk Qualcomm pada perangkat mid-end dan high-end miliknya saja. Sedangkan untuk perangkat-perangkat low-end yang dimiliki, Samsung lebih memilih menggunakan chipset dan processor buatannya sendiri.

Read More  7 Trik Rahasia Youtube Yang Mungkin Kalian Tidak Ketahui

7) Terdapat bug pada setiap sistem Qualcomm Snapdragon yang dimiliki oleh Android

Terdapat bug pada setiap sistem Qualcomm Snapdragon yang dimiliki oleh Android - 7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga
Terdapat bug pada setiap sistem Qualcomm Snapdragon yang dimiliki oleh Android – 7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga

Meski Qualcomm dengan Snapdragon-nya digadang-gadang sebagai chipset dan processor paling mumpuni di jagad ponsel pintar saat ini, namun ternyata masih terdapat kelemahan yang dimiliki oleh produk semiconductor tersebut.

Pada tahun 2016, perusahaan keamanan perangkat lunak, Check Point Software Technologies Ltd., menemukan sebuah bug pada setiap sistem Qualcomm Snapdragon yang dibubuhkan pada ponsel-ponsel pintar keluaran Samsung. Bug yang dinamakan QuadRooter ini, memberikan kesempatan pada hackers untuk mencuri data dari ponsel pintar Android tersebut.

Tidak hanya itu, bug ini bahkan hingga dapat mengizinkan sang hackers untuk mendapatkan akses penuh dan mengambil alih penggunaan ponsel pintar jika tidak segera ditindaklanjuti. Namun tidak membutuhkan waktu lama bagi Qualcomm untuk segera melakukan perbaikan pada produk-produk mereka yang belum sempat dilepaskan di pasaran.


Dan itulah 7 Fakta Qualcomm Sang Processor Penakluk Naga. Meski banyak yang beranggapan bahwa Snapdragon masih terbilang muda pada kompetisi dunia semikonduktor, namun beberapa fakta diatas membuktikan bahwa Qualcomm memiliki keunggulannya tersendiri. Tentu masing-masing individu memiliki pendapatnya masing-masing.

Bagaimana Qualcomm menurut kalian? Silahkan tinggalkan komentarmu di kolom yang tersedia dan like serta share ya!

By: Sir Lord Artaz Gang

In technology, whatever can be done will be done ~ Andrew S. Grow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here