7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia

0
22
views
7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia
7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia

7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia – Banyaknya perusahaan yang merambah ke industri video game dan pengembangan teknologinya memberikan berbagai suplemen yang memperkaya khasanah kemutakhiran dunia game digital. Semakin suburnya industri ini tentu tidak terlepas dari adanya berbagai pembaharuan di bidang teknologi komputasi dan permintaan pasar yang semakin meningkat.

Berbagai developer yang sudah terlebih dahulu terjun di bisnis ini pun harus memutar otaknya sedemikian rupa agar dapat bertahan di dalam riuhnya kondisi pasar yang ada. Berusaha menelurkan inovasi-inovasi yang akan menarik minat para konsumen, memberikan konten-konten eksklusif yang hanya bisa dinikmati menggunakan layanan mereka, dan fitur-fitur revolusioner yang terus dikembangkan menjadi daya tarik tersendiri dimata khalayak.

Salah satu dari developer game yang masih eksis hingga sekarang adalah Nintendo. Dengan berbagai produknya yang masih digemari oleh banyak orang hingga saat ini, sang tetua seakan ‘tidak ada matinya’. Maka dari itu nginy.net tertarik untuk membahas legenda yang satu ini dalam sebuah artikel berjudul 7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia yang dapat memperluas wawasan mengenai sejarah perkembangan game dunia.

1) Didirikan 128 tahun yang lalu

Didirikan 128 tahun yang lalu - 7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia
Didirikan 128 tahun yang lalu – 7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia

Jika kebanyakan perusahaan dan pengembang game memulai kiprahnya di pertengahan abad 20-an, namun berbeda dengan Nintendo. Sebagai developer game tertua di dunia, Nintendo mengawali aksinya pada 23 September 1889 dan telah berusia 128 tahun lho!

Didirikan oleh seorang pengusaha asal Jepang bernama Fusajiro Yamauchi, perusahaan ini membuka markas pertamanya di salah satu kota terbesar di Jepang kala itu yaitu Kyoto. Memilih nama Nintendo Koppai untuk perusahaannya, Fusajiro memimpin hingga tahun 1929 sebelum akhirnya diteruskan oleh menantunya, Sekiryo Kaneda.

Read More  7 Fakta Menarik Yang Hanya Bisa Dilakukan Oleh Microsoft

2) Pertama berdiri sebagai perusahaan yang memproduksi kartu permainan

Pertama berdiri sebagai perusahaan yang memproduksi kartu permainan - 7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia
Pertama berdiri sebagai perusahaan yang memproduksi kartu permainan – 7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia

Meski nantinya mereka mencoba beberapa industri lain, namun Nintendo memulai peruntungan mereka pertama kali sebagai sebuah perusahaan pembuat kartu permainan.

Pada masa tersebut, pemerintah Jepang memiliki peraturan tersendiri yang diterapkan di masyarakat berkaitan dengan penggunaan kartu permainan sebagai sebuah sarana hiburan.

Alhasil beberapa jenis kartu lain tidak diperbolehkan untuk beredar demi kepentingan komersil, dan hanya kartu milik Nintendo-lah yang memiliki izin. Dengan monopoli pasar yang dimilikinya, ia mulai memperluas usahanya dengan mendirikan toko kartu lain di Osaka dan mengembangkan bentuk-bentuk permainan kartu yang lain.

3) Memperluas bisnisnya ke berbagai bidang

Memperluas bisnisnya ke berbagai bidang - 7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia
Memperluas bisnisnya ke berbagai bidang – 7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia

Kesuksesan yang dimilikinya terus berlangsung hingga 67 tahun lamanya. Dengan dominasi dibidang kartu permainan miliknya, pada pertengahan abad 20, Nintendo mengganti namanya menjadi Nintendo Karuta Co., Ltd.,.

Berusaha memperluas usahanya, cucu dari sang pendiri yang saat itu memimpin perusahaan, Hiroshi Yamauchi, lantas melakukan studi banding ke salah satu perusahaan kartu terbesar di Amerika.

Di titik itulah ia menyadari bahwa perusahaan pembuat kartu terbesar di dunia hanya memerlukan sebuah kantor yang kecil. Ia menyadari bahwa aset yang dimiliki Nintendo mampu untuk menyentuh bidang-bidang lain. Dari situlah akhirnya Nintendo melebarkan sayapnya ke berbagai bidang mulai dari perusahaan taksi, perhotelan, jaringan televisi, produk kuliner, hingga terjun ke industri mainan pada tahun 1966.

4) Memulai industri video game sebagai perusahaan distibutor

Memulai industri video game sebagai perusahaan distibutor - 7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia
Memulai industri video game sebagai perusahaan distibutor – 7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia

Memasuki era 70-an, demam konsol elektronik pun merambah ke berbagai benua. Dengan diluncurkannya konsol pertama di dunia besutan perusahaan Magnavox yaitu Odyssey, pasar Jepang pun turut ‘terjangkiti’ oleh ‘demam’ yang sama.

Read More  Sejarah Dan Perkembangan Cyanogen, Cikal Bakal Dari LineageOS

Pada saat itulah Nintendo melihat kesempatan bisnis tersebut dan mengamankan izin pendistribusian khusus wilayah Jepang. Melihat adanya perkembangan yang cukup pesat pada industri ini, Nintendo pun berusaha untuk menelurkan produknya sendiri. Dengan berbagai produk dan upaya bertahun-tahun, peruntungan Nintendo pun akhirnya muncul di tahun 1981 ketika produk Donkey Kong milikna menyeruak dan berhasil dipasaran – mengawali kiprahnya sebagai raksasa developer game dunia.

5) Menelurkan inovasi D-Pad yang akhirnya di gemari dunia

Menelurkan inovasi D-Pad yang akhirnya di gemari dunia - 7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia
Menelurkan inovasi D-Pad yang akhirnya di gemari dunia – 7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia

D-Pad, yang merupakan singkatan dari directional pad, merupakan tombol yang ditemukan pada berbagai konsol dan biasa digunakan untuk mengkontrol arah gerakan pada layar perangkat digital.

Meski pergerakan yang ditawarkannya tidak sefleksibel kontrol analog pada stick/controler konsol, namun tingkat kesederhanaan yang dimilikinya sangatlah membantu dan amat presisi dengan hanya perlu mendapat sedikit sentuhan dari jempol.

Desain tersebut pertama kali dicetuskan oleh salah seorang insinyur Nintendo yang bernama Gunpei Yokoi. Melihat potensi yang dimilikinya, Nintendo-pun akhirnya memutuskan untuk mematenkan desain tersebut, dan berhasil meraih penghargaan Technology and Engineering Emmy Award pada tahun 2006.

6) Menelurkan karya-karya fenomenal lain seperti Mario Bross dan Tetris

Menelurkan karya-karya fenomenal lain seperti Mario Bross dan Tetris - 7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia
Menelurkan karya-karya fenomenal lain seperti Mario Bross dan Tetris – 7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia

Dengan keberhasilannya dalam melahirkan perangkat handled Donkey Kong serta perluasan cakupan industri mereka kearah bisnis gamedingdong’ (arcade), Nintendo lantas semakin percaya diri dalam melahirkan berbagai terobosan-terobosan lain.

Dimulai dari lahirnya konsol andalan pertama mereka, Family Computer (FamiCom), yang sukses merajai pasar konsol dunia, Nintendo-pun terus mengeluarkan berbagai game untuk menopang eksistensinya.

Sebut saja sang legenda game retro, Super Mario Bros; lalu diikuti dengan di besutnya Tetris untuk perangkat handled pertama mereka, Game Boy – game-game tersebut amatlah laris dipasaran hingga menjelma menjadi suatu waralaba video game tersukses di dunia.

Read More  4 Fakta Seputar Tokopedia Nomor 2 Membuat Kagum

7) Selalu menawarkan inovasi di setiap produknya

Selalu menawarkan inovasi di setiap produknya - 7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia
Selalu menawarkan inovasi di setiap produknya – 7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia

Belajar dari pengalaman yang mereka dapatkan dari para pesaingnya, inovasi adalah kunci dari suatu keberhasilan suatu produk dipasaran. Layaknya Magnavox yang mengawali demam konsol, atau seperti Atari yang menyebarkan trend game Pong, Nintendo berusaha untuk mencari ‘warisannya’ sendiri.

Atas dasar itulah setiap produknya selalu menawarkan berbagai pembaharuan. Dari keberadaan D-Pad pada handled Donkey Kong, terobosan layar berwarna pada konsol Game Boy Color, penggunaan sistem cartridge pada SNES, dual-screen di Nintendo DS, motion-sensing control milik Nintendo Wii, hingga yang terbaru yaitu produk konsol hibridanya, Nintendo Switch; semua inovasi yang mereka tawarkan tentu memperkaya varietas dan heterogenitas dari industri game itu sendiri. Itulah kunci yang membawa mereka tetap bertahan dalam industri ini hingga ratusan tahun lamanya.


Itulah tadi berbagai fakta mengenai salah satu developer game tertua di dunia dalam artikel berjudul 7 Fakta Mengenai Nintendo, Developer Game Tertua Di Dunia yang dapat dijadikan referensi mengenai salah satu unsur pembangun budaya pop-culture dewasa ini.

Meski inovasi adalah kunci kesuksesan Nintendo, namun sikap terpenting yang dimilikinya adalah ke-orisinil-an produk-produk mereka. Dengan mempertahankan jiwa orisinalitas dan memilih untuk tidak menjiplak orang lain, Nintendo memiliki produk-produk yang akan selalu dinanti para penggemar setianya.

Apakah kalian salah satunya? Silahkan tinggalkan komentarmu di kolom yang tersedia dan like serta share ya!

By: Sir Lord Artaz Gang