5 Langkah Salah dalam Beriklan di Facebook Ads (untuk pemula)

0
38
views
5 Langkah Salah dalam Beriklan di Facebook Ads (untuk pemula)
5 Langkah Salah dalam Beriklan di Facebook Ads (untuk pemula)

5 Langkah Salah dalam Beriklan di Facebook Ads (untuk pemula) – Dalam digital marketing ada pepatah mengatakan “digital marketing not just about posting”. Pedagang online tidak hanya memasarkan produknya dengan cara sekedar posting dan posting  tanpa mengerti peraturan atau algoritma dari media marketingnya.

Setiap media marketing terutama marketing di media sosial memiliki algoritma yang berbeda – beda. Perbedaan inilah yang mengharuskan Anda untuk melakukan langkah yang tepat agar banjir order dengan mempelajari algoritmanya.

Salah satu media sosial yang memilki tempat khusus dalam beriklan dan terbukti banjir order adalah facebook dengan fitur Facebook Ads. Bagi Anda yang masih awam tentang Facebook Ads maka Anda sudah tepat melangkah dengan membaca artikel ini. Pada artikel ini akan membahas tentang 5 langkah salah dalam beriklan di Facebook Ads (untuk pemula).

Para pedangan online mulai mencoba keberuntungannya dengan belajar mengunakan facebook marketing. Secara harfiah facebook marketing  atau yang lebih dikenal sebagai Facebook Ads ini lebih mudah untuk dipelajari, lebih tertarget dan lebih berpotensi terjadi closing atau terjualnya suatu produk.

Namun, Facebook Ads ini memiliki tantangga bagi para Advertiser, selain harus ada budget  iklan juga harus memahami algoritma facebook yang berubah – ubah. Bagi Anda yang masih pemula sebaiknya Anda pahami algoritma facebook dan selalu update tentang algoritmanya. Selain itu, Anda wajib untuk menghindari 5 langkah salah dalam beriklan di Facebook Ads, antara lain:

Read More  6 Cara Meningkatkan Traffic Blog Yang Mungkin Tidak Kalian Ketahui

1) Beriklan Tanpa Strategi

Beriklan Tanpa Strategi - 5 Langkah Salah dalam Beriklan di Facebook Ads (untuk pemula)
Beriklan Tanpa Strategi – 5 Langkah Salah dalam Beriklan di Facebook Ads (untuk pemula)

Dalam melakukan aktifitas apapun pasti ada caranya, apalagi berkaitan dengan marketing pasti membutuhkan strategi khusus agar iklan yang telah dirilis mendapatkan antusias oleh para pembacanya.

Kondisi tersebut berlaku ketika Anda beriklan di Facebook Ads. Mayoritas para Advertiser pemula menjalankan iklan dengan prinsip yang penting iklan bisa berjalan tanpa harus mengutamakan strategi berikutnya.

Ketika pertama kali menjalankan iklan, Anda mungkin mengalami kegagalan artinya jumlah penjualan lebih kecil dari budget iklan. Kondisi seperti ini sangat wajar karena dari iklan pertama ini Anda akan mendapatkan data. Data inilah yang akan Anda pelajari dan Anda jadikan landasan untuk strategi iklan berikutnya. Keadaan seperti ini yang dikenal sebagai split test.

Pada iklan pertama ini, Anda akan mendapatkan data berupa :

  • Gambar yang paling banyak menghasilkan penjualan
  • Copywriting yang paling banyak menghasilkan penjualan
  • Target audience yang paling banyak menghasilkan penjualan

Dari ketiga data tersebut, Anda harus membuat strategi iklan yang baru. Untuk iklan kedua ini diharapkan akan mendapatkan keuntungan karena iklan berikutnya akan lebih baik dan tertarget.

2) Menargetkan Iklan yang Bukan Fans

Menargetkan Iklan yang Bukan Fans - 5 Langkah Salah dalam Beriklan di Facebook Ads (untuk pemula)
Menargetkan Iklan yang Bukan Fans – 5 Langkah Salah dalam Beriklan di Facebook Ads (untuk pemula)

Salah satu langkah salah ini sering dilakukan oleh para advertiser pemula yaitu miss – targeting. Mayoritas dari mereka menargetkan iklan yang bukan fans. Dalam beriklan tujuan utama adalah menarik pengunjung ke toko online Anda dan mengkonversi menjadi calon pembeli.

Read More  Cara membuat Link Whatsapp Menuju Chat Langsung untuk Online Shop

Namun apabila sekedar menarik pengunjung ke toko online Anda tanpa adanya efek penjualan maka iklan tersebut dapat dikategorikan gagal. Pada Facebook Ads ini terdapat fitur retargeting  yaitu menargetkan kembali audience  yang sesuai dengan target audience di iklan sebelumnya.

Kunci sukses iklan di Facebook Ads ini adalah fokus pada target audience  yang telah didapatkan datanya pada iklan pertama. Salah target berarti Anda dengan sengaja menghambur – hamburkan uang Anda.

Oleh sebab itu, Anda harus merancang audience Anda seperti demografi, interest  dan audience advance  lainnya di dashboard business facebook Anda.

3) Membuat Iklan Sejenis

Membuat Iklan Sejenis - 5 Langkah Salah dalam Beriklan di Facebook Ads (untuk pemula)
Membuat Iklan Sejenis – 5 Langkah Salah dalam Beriklan di Facebook Ads (untuk pemula)

Tidak sedikit advertiser pemula di Facebook Ads yang melakukan kegiatan ini. Mayoritas dari mereka berfikir bahwa semakin banyak iklan dengan konten yang serupa akan semakin besar peluang produk terjual.

Asumsi ini adalah salah besar. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kunci utama sukses beriklan di Facebook Ads  adalah iklan yang tertarget. Meskipun jumlah iklan banyak namun tidak mampu menjangkau target market yang tepat sasaran maka iklan tersebut akan tidak efektif.

4) Membuat Iklan dengan Jangkauan yang Terlalu Luas

Membuat Iklan dengan Jangkauan yang Terlalu Luas - 5 Langkah Salah dalam Beriklan di Facebook Ads (untuk pemula)
Membuat Iklan dengan Jangkauan yang Terlalu Luas – 5 Langkah Salah dalam Beriklan di Facebook Ads (untuk pemula)

Iklan yang efektif adalah iklan yang tertarget karena mampu menghasilkan penjualan. Pada Facebook Ads untuk mendapatkan iklan yang tertarget harus memahami jangkauan iklan.

Read More  10 Kesalahan Yang Membuat Akun Google Adsense Dibanned

Sebaiknya fokus pada tempat target audience tersebut. Sebagai contohnya, Anda menjual jasa wedding organizer maka iklan Anda hanya menjangkau daerah di dekat lokasi Anda.

Ini akan efektif karena audience yang melihat iklan Anda akan berpeluang untuk menggunakan jasa Anda.

5) Kurang dalam Mengeksplor Fitur – Fitur di Facebook Ads

Kurang dalam Mengeksplor Fitur – Fitur di Facebook Ads - 5 Langkah Salah dalam Beriklan di Facebook Ads (untuk pemula)
Kurang dalam Mengeksplor Fitur – Fitur di Facebook Ads – 5 Langkah Salah dalam Beriklan di Facebook Ads (untuk pemula)

Facebook menyediakan beragam fitur yang membantu iklan Anda bekerja secara optimal. Banyak format Ads  yang tersedia di facebook seperti carousel, slideshow, video dan canvas. Format iklan yang standart dan monoton akan membuat target audience Anda tidak tertarik dengan iklan Anda.

Apalagi kalau iklan Anda single image  dengan gambar yang monoton maka iklan Anda terkesan iklan yang asal – asalan. Sebaiknya Anda menggunakan iklan dengan format iklan carousel dengan meng – highlight produk – produk terbaru dan promo – promo menarik maka akan membuat iklan Anda tampak mewah.


Demikian penjelasan tentang 5 langkah salah dalam beriklan di Facebook Ads (untuk pemula). Bagi Anda yang ingin memulai beriklan di Facebook Ads maka Anda wajib menghidari langkah salah tersebut.

Jika Anda sudah memulai beriklan di Facebook Ads namun tidak mendapatkan kesuksesan maka perhatikan apakah ada 5 kesalahan diatas ?. Jika Ada, segera ubah stategi beriklan Anda. Jangan sampai besar pasak dari pada tiang.