5 Aplikasi Chatting Android Yang Sering Digunakan Untuk Bersosial

0
788
views
5 Aplikasi Chatting Android Yang Sering Digunakan Untuk Bersosial
5 Aplikasi Chatting Android Yang Sering Digunakan Untuk Bersosial

5 Aplikasi Chatting Android Yang Sering Digunakan Untuk Bersosial – Kemajuan teknologi memang tidak bisa dibendung lagi. Perkembangan dalam teknologi menunjukkan dampak yang positif dan revolusioner dalam kehidupan manusia. Tidak pernah terbayang sebelumnya bahwa komunikasi dapat dilakukan tanpa harus bertatap muka dan dilakukan secara langsung. Kemajuan teknologi menunjukkan taringnya dalam membuat hal yang tidak mungkin menjadi dapat dilakukan, salah satunya dengan mengaplikasikan komunikasi ke dalam sistem dunia maya.

Di sisi lain, perkembangan teknologi pada smartphone juga semakin memuncak. Kini smartphone terintegrasi ke dalam sistem operasi yang mutakhir dan berperan layaknya komputer mini yang dapat dijalankan melalui beberapa sentuhan tangan saja. Teknologi komunikasi yang lebih mutakhir juga ditempatkan dalam smartphone, sehingga dengan beberapa langkah saja, kita sudah dapat berhubungan dengan banyak orang tanpa harus bertemu.

Salah satu sistem operasi yang banyak digunakan smartphone modern sekarang ini adalah android. Dalam sistem operasi yang berjalan, Android memperbolehkan penggunanya untuk menggunakan berbagai aplikasi yang disediakan melalui play store. Dalam konteks komunikasi, terdapat berbagai aplikasi di dalam play store yang dapat diunduh untuk memudahkan komunikasi. Simak beberapa aplikasi yang tersedia di Android berikut.

  1. Line
Line - 6 Aplikasi Chatting Android Yang Sering Digunakan Untuk Bersosial
Line – 6 Aplikasi Chatting Android Yang Sering Digunakan Untuk Bersosial
LINE: Free Calls & Messages
LINE: Free Calls & Messages

Aplikasi ini mungkin tidak terdengar asing lagi di telinga warga Indonesia, khususnya kalangan anak muda. Tampilan yang interaktif dan penuansaan aplikasi yang diberikan meninggalkan kesan yang berbeda dalam menggunakan aplikasi komunikasi ini. Line menyediakan berbagai fitur yang kaya, dan mungkin telah berdiri sebagai salah satu aplikasi chatting terbesar di dunia.

Selain sebagai media komunikasi, Line telah terbukti dalam menunjukkan kemampuannya sebagai media yang menghibur pengguna. Hal inilah yang mungkin menyebabkan Line menjadi populer di kalangan anak muda atau generasi millenial. Sistem timeline yang diadakan Line dimana para pengguna bisa berbagi dengan teman dapat menjadikan setiap cerita yang dibagikan dapat menjadi viral. Seperti yang kita ketahui bahwa generasi millenial merupakan generasi tanpa batas yang menyukai keterbukaan dan transparansi atas sesuatu, termasuk senang berbagi.

Read More  10 Aplikasi Android Yang Membantu Para Jomblo Mencari Pasangan

Pelayanan Line lainnya adalah modifikasi stiker-stiker khusus dan tema yang dapat dipasang pada aplikasi. Terdapat beberapa stiker dan tema yang gratis untuk dipakai oleh pengguna pada ponsel mereka. Namun, berbagai stiker dan tema berbayar yang diluncurkan oleh Line juga memiliki model premium yang ditawarkan. Berbagai kontrak dan perjanjian internasional serta kerjasama yang dilakukan oleh Line dengan berbagai perusahaan terkenal seperti Disney, Square Enix, dan Marvel adalah beberapa contoh yang kemudian dikaryakan ke dalam bentuk stiker dan tema.

  1. whatsapp
whatsapp - 5 Aplikasi Chatting Android Yang Sering Digunakan Untuk Bersosial
whatsapp – 5 Aplikasi Chatting Android Yang Sering Digunakan Untuk Bersosial
WhatsApp Messenger
WhatsApp Messenger
Developer: WhatsApp Inc.
Price: Free

Aplikasi yang satu ini sering diperkirakan sebagai aplikasi komunikasi terbesar dan paling banyak digunakan secara internasional. Aplikasi ini menggunakan nomor telpon utama sebagai penciptaan akun sehingga dapat digunakan dalam sistem. WhatsApp juga sering dipersepsikan sebagai media komunikasi profesional dimana interface mereka yang terkesan elegan dan resmi meninggalkan pesan yang spesial pada kalangan pekerja profesional.

Fitur yang disediakan WhatsApp tersedia dalam berbagai pelayanan. Fitur paling utama adalah pembedaan simbol atau icon intra-chat yang menunjukkan apakah pesan sudah terkirim, sudah diterima, atau sudah dibaca. Tanda yang digunakan dalam WhatsApp adalah tanda centang. Satu tanda centang abu mengartikan pesan yang berhasil dikirimkan, dua tanda centang abu mengartikan pesan yang telah diterima namun belum dibaca, sementara dua tanda centang biru mengartikan pesan yang telah dibaca.

Dengan menggunakan WhatsApp pengguna dapat mengirimkan berbagai bentuk file untuk dapat diterima oleh lawan bicara dalam chat.  Beberapa jenis file yang dapat dikirim oleh pengguna adalah foto, video, audio, lokasi, kontak, url website, bahkan file dokumen seperti microsoft word dan pdf. Diluar dari pengiriman bentuk file tersebut fitur lain yang dapat diakses adalah melakukan panggilan, melihat kontak, setting avatar, dan lainnya.

  1. WeChat
Read More  7 Aplikasi Kesehatan yang Akan Membantu Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental Anda
WeChat - 5 Aplikasi Chatting Android Yang Sering Digunakan Untuk Bersosial
WeChat – 5 Aplikasi Chatting Android Yang Sering Digunakan Untuk Bersosial
WeChat
WeChat
Developer: WeChat
Price: Free+

Aplikasi komunikasi terbesar di Tiongkok ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2011. WeChat mulai dikembangkan dengan mengandalkan berbagai pelayanan yang melayani berbagai bahasa. Saat ini, pengguna WeChat terbesar berasal dari negara Asia, dan bahkan mulai menginterupsi level digital payment. Berbagai pasar telah berhasil ditembus oleh WeChat, bahkan WeChat telah memiliki fitur dompet digital yang memungkinkan para penggunanya untuk membayar kebutuhan mereka menggunakan scanning data ponsel mereka.

  1. Viber
Viber - 5 Aplikasi Chatting Android Yang Sering Digunakan Untuk Bersosial
Viber – 5 Aplikasi Chatting Android Yang Sering Digunakan Untuk Bersosial
Viber Messenger
Viber Messenger
Price: Free+

Salah satu aplikasi chatting yang baru diluncurkan adalah Viber yang dibuat oleh Rakuten. Aplikasi Android ini menawarkan keamanan tingkat tinggi lewat enkripsi terhadap setiap percakapan yang terjadi di antara pengguna. Melalui Viber, pengguna dapat mengirimkan pesan dalam bentuk teks, video, dan gambar. Bahkan ekspresi terhadap chat dapat dilakukan meallui stiker dan gif.

Viber menambahkan fitur normatif yang hampir dimiliki seluruh aplikasi chatting lainnya dimana pengguna dapat melakukan perekaman suara dan pengiriman video yang berkualitas. Namun, hal khusus yang ditawarkan oleh Viber adalah kemampuan pengguna untuk membuat komunitas, menghapus pesan yang sudah terlihat atau dibaca oleh lawan bicara, melakukan sinkronisasi dengan berbagai bentuk platform lain, dan melakukan pencarian terhadap konten tertentu dalam chat.

Pengamanan yang dilakukan oleh Viber dilancarkan dengan mengaktifkan beberapa proses seperti enkripsi yang terstruktur. Pengguna tidakperlu takut bahwa pesan mereka yang terkirim akan terinvasi, diinterupsi, ataupun dilacak oleh pihak tidak bertanggung jawab. Seluruh bentuk pesan yang pengguna kirimkan adalah tanggungjawab untuk Viber. Kepastian keamanan dari pesan yang dimiliki juga dipastikan Viber melalui end-to-end encryption yang mereka miliki, yang mengartikan setiap gadget Anda dan lawan bicara adalah satu-satunya alat yang memegang kendali atas pesan.

Rakuten ternyata juga merilis bentuk pelayanan lain yang menggunakan nama Viber. Pelayanan ini ditujukan untuk pengguna yang menginginkan komunikasi secara tidak langsung dengan orang lain pada latar internasional. Rakuten menamakan pelayanan ini sebagai Viber Out, pihak mereka memastikan bahwa kualitas dari suara dalam panggilan yang dilakukan pengguna akan terdengar jelas, dan biaya yang mereka berikan memiliki nilai yang rendah.

  1. Telegram
Read More  6 Aplikasi Smartphone Android Penghasil Uang Terpopuler
Telegram - 6 Aplikasi Chatting Android Yang Sering Digunakan Untuk Bersosial
Telegram – 6 Aplikasi Chatting Android Yang Sering Digunakan Untuk Bersosial
Telegram
Telegram
Developer: Telegram FZ-LLC
Price: Free

Telegram adalah aplikasi chatting yang canggih dengan pengakuan atas enkripsi komunikasi, sehingga keamanan dari penggunaan aplikasi mereka dapat digaransikan. Aplikasi chatting yang sempat diblokir oleh pemerintah Indonesia ini muncul kembali ke permukaan karena popularitas mereka yang cukup tinggi di masyarakat Indonesia. Harapan atas privasi terhadap tiap data yang dikeluarkan pada komunikasi dua arah pada aplikasi chatting menunjukkan perkembangan yang baik dalam jumlah penggunaan Telegram.

Telegram menyatakan adanya beberapa poin keunggulan yang dimiliki oleh mereka dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya. Pertama, aplikasi Telegram adalah pelayanan yang diberika secara privat dan menghargai privasi setiap pengguna. Kedua, operasi API (Application programming Interface) diberikan untuk para pengembang software untuk mengintegrasikan Telegram ke dalam platform milik mereka.

Tiga keunggulan lainnya disampaikan Telegram dalam bentuk kata seperti, Free, Powerful, dan Fast. Keunggulan dalam poin ‘Free’ dinyatakan sebagai bentuk penggunaan Telegram yang tidak mengenakan biaya apapun kepada penggunanya. Kata ‘Powerful’ mengartikan bahwa aplikasi Telegram tidak memiliki batasan pada jumlah dan besarnya file yang dikirimkan dalam platfom mereka. Sementara itu,’Fast’ mengartikan bahwa pengiriman pesan yang dilakukan melalui Telegram selalu lebih cepat dibandingkan aplikasi chatting lainnya, dengan beban aplikasi yang ringan.


Sekian artikel tentang 5 Aplikasi Chatting Android Yang Sering Digunakan Untuk Bersosial. Penulis sendiri hanya menggunakan whatsapp, line, untuk bersosialisasi, chatting di dunia maya memang mengasyikan tapi jangan lupa Anda memiliki kehidupan nyata yang harus dijalani.

Jika Anda menyukai artikel ini jangan lupa like, share, dan subscribe!

Science and technology revolutionize our lives, but memory, tradition and myth frame our response. ~ Arthur M. Schlesinger