4 Pioneer dan Founder Teknologi Komputer Serta Digital

0
137
views
4 Pioneer dan Founder Teknologi Komputer Serta Digital
4 Pioneer dan Founder Teknologi Komputer Serta Digital

4 Pioneer dan Founder Teknologi Komputer Serta Digital – Kali ini nginy.net akan membahas tentang para pendiri serta pionir berbagai teknologi komputer dan digital yang hingga saat ini karya-karya mereka masih digunakan dan diakui sebagai teknologi mutakhir di seluruh dunia.

Bergeraknya era manusia kearah zaman yang baru dimana teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesatnya, menjadikan teknologi tersebut sebagai signature dari era modern ini. Era tersebut merubah pola hidup manusia dan arus perkembangan zaman kearah yang serba cepat, lebih praktis dan juga instan.

Adanya perubahan era dan perkembangan teknologi yang mempengaruhinya tidak akan bisa dicapai tanpa adanya pencapaian – pencapaian yang dilakukan oleh para ‘punggawa-punggawa’ teknologi tersebut. Dan pada akhirnya pencapaian mereka diakui dunia sebagai sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan dan mampu mempengaruhi orang banyak.

Tentu akan menarik untuk membahas tentang para pionir dan pendiri berbagai teknologi komputerisasi dan digital ini. Karena itu, pada artikel kali ini nginy.net akan membahas tentang 4 Pioneer dan Founder Teknologi Komputer Serta Digital beserta berbagai karyanya yang sudah berimplikasi dalam merubah dunia!

1) Bill Gates, si jenius pendiri Microsoft

Bill Gates, si jenius pendiri Microsoft - 4 Pioneer dan Founder Teknologi Komputer Serta Digital
Bill Gates, si jenius pendiri Microsoft – 4 Pioneer dan Founder Teknologi Komputer Serta Digital

Barang tentu tidak lengkap rasanya jika membicarakan para pendiri dan pionir dunia digital jika tidak membahas ‘bapak’ dari Microsoft yang satu ini. Bill Gates, si jenius yang mendirikan raksasa perusahaan teknologi yang bergerak dibidang perangkat keras dan lunak, Microsoft, dikenal sebagai orang yang paling berpengaruh dalam dunia teknologi digital. Bagaimana tidak? Berbagai kreasi dan inovasi yang berhasil ‘ditelurkan’ oleh Microsoft menawarkan berbagai kemudahan hidup dan kepraktisan tersendiri bagi orang banyak. Karena itulah, tanpa keberadaannya, Microsoft dan berbagai inovasi teknologinya mungkin tidak akan pernah terlahir kedunia ini.

Meskipun pada akhirnya ia menekuni bidang teknologi, Bill Gates sepanjang hidupnya dipersiapkan untuk meneruskan jejak sang ayah menjadi seorang pengacara. Namun, kehidupan dimasa sekolah menengahnya lah yang mengubah jalan hidupnya. Disanalah ia menemukan bahwa teknologi komputerisasi merupakan panggilan jiwanya. Ia sering diminta pihak sekolah untuk membuat program-program komputer atau memperbaiki perangkat-perangkat yang rusak. Hingga akhirnya ia bertemu mitra setianya, yang juga berperan besar mendirikan Microsoft, Paul Allen.

Read More  4 Tipe Berbeda Laptop Gaming, Ketahui Sebelum Membeli!

Gates lulus dari sekolah tersebut pada tahun 1973 dengan nilai kelulusan nyaris sempurna. Dengan bekal kepintaran yang ia miliki, ia melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi tepatnya di Universitas Harvard. Ia mencoba meneruskan studinya pada jurusan hukum sesuai permintaan kedua orang tuanya. Kendati demikian, dikarenakan jiwanya yang sudah tertambat pada dunia komputerisasi dan digital, pada tahun kedua kuliahnya ia memutusksan untuk berhenti dan bersama Paul Allen mendirikan Microsoft. Dan bahkan hingga Microsoft menjadi salah satu raksasa teknologi dunia, ia tidak memiliki gelar akademik apapun di belakang namanya.

2) Steve Jobs, sang maestro teknologi pendiri Apple

Steve Jobs, sang maestro teknologi pendiri Apple - 4 Pioneer dan Founder Teknologi Komputer Serta Digital
Steve Jobs, sang maestro teknologi pendiri Apple – 4 Pioneer dan Founder Teknologi Komputer Serta Digital

Tentu saja jika membicarakan para pendiri dan pionir teknologi digital akan tidak lengkap rasanya jika tidak memasukkan sang maestro teknologi pendiri Apple, Steve Jobs. Ia beserta partner akrabnya, Steve Wozniak, dianggap berperan penting dalam perkembangan revolusi teknologi mikrokomputer dewasa ini.

Sepanjang hidupnya, Steve Jobs dibesarkan pada lingkungan keluarga yang terbiasa dengan kehidupan pertukangan. Dimulai dengan mengidolakan ayah angkatnya yang merupakan seorang mekanik, Jobs akhirnya mulai mendalami dunia keelektronikan. Setelah akrab dengan berbagai onderdil keelektronikan, pada usia 13 tahun ia dipanggil oleh salah satu perusahaan teknologi yang berkembang pesat saat itu, Hewlett-Packard (HP), untuk merakit suku cadang elektronik. Dari situlah dia mulai menaruh minat secara serius pada sains dan komputerisasi.

Ketika ia lulus dari sekolah tersebut, ia memutuskan untuk melanjutkan studinya ke salah satu perguruan tinggi yaitu Reed College. Namun dikarenakan biaya yang ditawarkan perguruan tinggi tersebut sangat lah mahal dan Jobs tidak ingin ‘menghamburkan’ uang orang tua angkatnya,

Read More  Kronologi Sejarah Linux Yang Mungkin Tidak Kalian Ketahui

ia memutuskan untuk berhenti kuliah. Sebelum akhirnya ia memutuskan untuk mendirikan Apple bersama Steve Wozniak dan mengawali legenda “Duo Steve” pada 1976, ia terlebih dahulu melancong ke India untuk mencari pencerahan. Sepulangnya dari sana lah ia mendirikan perusahaan Apple di garasi rumahnya dan merilis komputer Apple pertama: “Apple I”, yang ia rakit bersama Wozniak dari barang-barang bekas. Komputer inilah cikal bakal teknologi handal komputer Macintosh yang mendunia hingga sekarang.

3) Vint Cerf, bapak internet dunia.

Vint Cerf, bapak internet dunia - 4 Pioneer dan Founder Teknologi Komputer Serta Digital
Vint Cerf, bapak internet dunia – 4 Pioneer dan Founder Teknologi Komputer Serta Digital

Teknologi komunikasi dan digital tidak akan sampai pada titik sekarang ini jika tanpa diiringi dengan keberhasilan perkembangan internet di dunia. Dengan adanya internetlah, kepraktisan berbagai fitur teknologi sekarang ini dapat dirasakan oleh semua orang. Dan itu semua adalah berkat jerih payah seorang ilmuwan teknologi jaringan dan komputerisasi bernama Vint Cerf.

Karirnya bermula ketika ia diperkerjakan oleh salah satu raksasa teknologi komputerisasi dunia, IBM, tidak lama setelah ia lulus dari studi sarjananya. Berbeda dengan kedua figur yang sudah dibahas sebelumnya, Cerf adalah seorang akademisi. Karena itulah ia tidak mau berkutat terlalu lama disana demi meneruskan studi magister dan dilanjutkan program doktoralnya pada Universitas California – Los Angeles (UCLA). Dimasa itulah ia bekerja dibawah naungan Prof. Leonard Kleinrock bersama koleganya yang juga pada akhirnya menelurkan ARPANET, cikal bakal dari teknologi internet. Disanalah pula ia bertemu mitranya dalam menciptakan protokol TCP/IP internet, Bob Kahn.

Setelah menyelesaikan program doktoralnya, pada tahun 1970-an lah ia memulai risetnya menganai pengembangan jaringan. Bersama Kahn, ia akhirnya dapat menyempurnakan protokol tersebut yang akhirnya diakuisisi oleh militer dan pemerintah Amerika Serikat untuk dikembangkan lagi, seiring dengan pengangkatannya sebagai manager pada salah satu agensi informasi dan teknologi milik pemerintah. Hingga akhirnya pada tahun 1980-an, teknologi internet telah sempurna dan dirilis untuk penggunaan masyarakat publik.

Read More  7 Website Yang Paling Sering Dikunjungi Di Dunia Ini

4) Dennis Ritchie, sang pencipta Bahasa Pemrograman (C Unix)

Dennis Ritchie, sang pencipta Bahasa Pemrograman (C Unix) - 4 Pioneer dan Founder Teknologi Komputer Serta Digital
Dennis Ritchie, sang pencipta Bahasa Pemrograman (C Unix) – 4 Pioneer dan Founder Teknologi Komputer Serta Digital

Selain keberadaan dan peran internet, komputer personal, serta sistem operasi, adanya berbagai program dan aplikasi digital yang bermanfaat pun dapat dikatakan sebagai salah satu poin penting yang menjadikan teknologi digital menjadi aspek dominan pada hidup manusia. Fungsi program dan aplikasi digital inilah yang seyogyanya digunakan oleh masyarakat dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Beragamnya fungsi serta varian program dan aplikasi yang ada sekarang tentunya tidak akan bisa kita rasakan tanpa adanya terobosan dari sang pencetus bahasa pemrograman (C Unix), Dennis Ritchie.

Dennis Ritchie merupakan seorang ilmuwan komputer berkebangsaan Amerika. Dibesarkan pada keluarga yang akrab dengan dunia keelektronikan, menjadikannya amat familiar dengan dunia teknologi. Selepas menyelesaikan studi sarjana dan magisternya di Universitas Harvard, ia pun melanjutkan studi doktoralnya disana meski pada akhirnya ia harus berhenti dan tidak pernah menyelesaikan studi tersebut.

Pekerjaannya disalah satu laboratorium teknologilah yang membuatnya harus berhenti melanjutkan studinya. Bersama timnya ia menciptakan sebuah sistem operasi yang dinamakan Unix. Dari sana lah ia mulai mengembangkan bahasa pemrograman (C Unix) tersebut. Pada awalnya ‘Bahasa Pemrograman C’ hanya dimaksudkan untuk sistem operasi Unix saja. Melalui Unix, bahasa pemrograman itu digunakan untuk memprogram sistem dan jaringan komputer. Namun lama-kelamaan, bahasa tersebut mulai populer serta umum digunakan dalam pengembangan softwaresoftware program maupun aplikasi. Bahasa inilah yang oleh para pengembang akhirnya ditetapkan sebagai bahasa acuan dalam standar pemrograman piranti lunak modern dalam menciptakan berbagai interface pada software mereka.


Itulah tadi 4 Pioneer dan Founder Teknologi Komputer Serta Digital. Tanpa kerja keras dan jerih payah mereka, tentu perkembangan teknologi komputerisasi dan digital sekarang akan amat jauh berbeda. Silahkan tinggalkan komentarmu di kolom yang tersedia dan like serta share ya!

We’re changing the world with technology ~ Bill Gates

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here