4 Brand Handphone Yang Pernah Berjaya Di Era Telepon Seluler

0
89
views
4 Brand Handphone Yang Pernah Berjaya Di Era Telepon Seluler
4 Brand Handphone Yang Pernah Berjaya Di Era Telepon Seluler

4 Brand Handphone Yang Pernah Berjaya Di Era Telepon Seluler – Menilik kemajuan zaman manusia kearah yang semakin canggih setiap harinya membuat berbagai hal menjadi semakin praktis dan lebih praktis lagi. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi dalam meringkas berbagai pekerjaan dan kegiatan yang dilakukan manusia sehari-hari tentu membawa dampak positif dan manfaat tersendiri. Wajar jika manusia terus-menerus berinovasi untuk menciptakan temuan-temuan yang lebih efisien.

Salah satu kemajuan teknologi yang paling menjanjikan dapat dilihat pada perkembangan teknologi informasi dan perangkat komunikasi. Berbagai varian dan pembaruan perangkat tercipta setiap harinya – menyajikan kesederhanaan bagi setiap manusia serta memberikan berbagai akses dengan jangkauan ujung jari. Namun untuk sampai di titik ini, tentu saja manusia sudah lebih dahulu melewati masa-masa dimana teknologi belum seapik sekarang. Masa dimana telepon hanya dapat digenggam dan tidak terlalu ‘pintar’, atau yang juga dikenal dengan era telepon selular.

Jika era smartphone atau telepon pintar di kuasai oleh berbagai brand terkenal seperti samsung, apple, windows Phone, google Phone, ataupun Razer Phone, maka amat berbeda dengan era telepon selular dimana beberapa brand diatas bahkan belum ada dipasaran. Begitu banyak varian brand telepon genggam dengan berbagai keunikan yang masing-masing mereka tawarkan amat memperkaya sejarah teknologi per-ponsel-an.

Karena itulah, nginy.net kali ini tertarik untuk membahas berbagai brand telepon genggam yang dulu sempat merajai pasar perangkat seluler global dalam artikel yang berjudul 4 Brand Handphone Yang Pernah Berjaya Di Era Telepon Seluler yang bukan saja menambah wawasan mengenai perkembangan teknologi perangkat selular tetapi juga menjadi ajang nostalgia bagi para insan yang sempat merasakan era telepon genggam.

1) Motorola

Motorola - 4 Brand Handphone Yang Pernah Berjaya Di Era Telepon Seluler
Motorola – 4 Brand Handphone Yang Pernah Berjaya Di Era Telepon Seluler

Di daftar yang pertama tersebutlah sebuah brand yang mengawali kebangkitan era telepon genggam. Ya, Motorola! Brand teknologi yang lahir di negeri Paman Sam, Amerika, itu telah berhasil menjadi pelopor teknologi yang nantinya akan merevolusi kehidupan manusia di seluruh dunia.

Read More  7 Trik Rahasia Youtube Yang Mungkin Kalian Tidak Ketahui

Tanpanya, mungkin perkembangan teknologi telepon tidak akan semasif sekarang dan hanya sekedar alat komunikasi dua arah dengan ukuran yang tidak compatible. Dengan inovasi inilah, telepon yang kala itu berukuran besar dan tidak dapat ‘dijinjing’ menjadi lebih praktis dan dapat dibawa-bawa. Hingga akhirnya telepon genggam menjadi sebuah tren tersendiri dimata masyarakat dunia, teknologi seluler pun terus berkembang dengan pesatnya.

Diawali dengan disahkannya produk Motorola DynaTAC oleh Komisi Komunikasi Federal pada tahun 1983, Motorola pun memproduksi inovasinya tersebut secara massal pada tahun 1984. Dengan teknologi yang terbilang sederhana dan hanya mampu beroperasi selayaknya telepon konvensional, Motorola DynaTAC dibandrol dengan harga kurang lebih $4,000. Memiliki panjang total 25cm dan berat 790g, sang empu telepon genggam ini memiliki ukuran yang cukup besar jika dibandingkan dengan para penerusnya. Hingga akhirnya Motorola merilis varian yang lebih ‘slim’ yaitu MicroTAC pada 1989 dan StarTAC pada 1996, DynaTAC pun sudah dianggap usang dan ketinggalan zaman.

2) Siemens

Siemens - 4 Brand Handphone Yang Pernah Berjaya Di Era Telepon Seluler
Siemens – 4 Brand Handphone Yang Pernah Berjaya Di Era Telepon Seluler

Meski tidak terbilang sebagai suatu pelopor dalam dunia per-telepon-genggam-an, namun brand yang satu ini hadir dengan berbagai inovasi ciamik di masa-masa jayanya. Siemens mobile, anak perusahaan dari Siemens AG, sebuah korporasi konglomerat yang berasal dari negeri Die Fuhrer, Jerman, turut meramaikan hiruk pikuk jagat perponselan dunia di paruh awal dan menjelang tahun 2000-an. Beberapa produk unggulan miliknya memang tidak terlalu populer di pasaran, namun tetap saja Siemens memiliki penggemar tersendiri yang selalu setia menunggu inovasi-inovasi terbaru pada produk-produk besutannya.

Beberapa terobosannya yang bisa dikatakan fenomenal diantaranya seperti produk Siemens S1 GSM yang merupakan telepon genggam pertama yang memiliki tampilan layar 4 baris dan penggunaan warna yang lebih variatif.

Lalu inovasinya pada produk Siemens SL45 pada tahun 2000, merupakan salah satu dari telepon genggam pertama yang memiliki fitur MP3 Player dan tambahan memori eksternal. Juga ditahun 2005 dengan produk Siemens SXG75 dimana Siemens menasbihkan fitur GPS pada telepon genggam untuk pertama kalinya.

Read More  5 Fakta Mengenai IGTV, Fitur Terbaru Instagram

Namun sayang, meski terbilang cukup visioner dan inovatif, kiprahnya harus terhenti ditahun 2005 ketika ia harus diakuisisi oleh perusahaan BenQ dengan hanya menyisakan saham sebesar 2,5% bagi Siemens AG sendiri.

Namun BenQ pun harus ‘menelan pil pahit’ di tahun 2006 ketika akhirnya mereka mengalami kebangkrutan dan menghentikan seluruh aktivitas Siemens Mobile selamanya.

3) Nokia

Nokia - 4 Brand Handphone Yang Pernah Berjaya Di Era Telepon Seluler
Nokia – 4 Brand Handphone Yang Pernah Berjaya Di Era Telepon Seluler

Sudah tak diragukan lagi, brand yang satu ini pasti sudah tidak asing ditelinga para pengguna teknologi seluler. Jika ditelisik kembali di awal tahun 2000-an, vendor yang berasal dari daratan Eropa ini cukup lama mendominasi pangsa pasar perangkat seluler global. Berasal dari negeri seribu danau, Finlandia, Nokia kala itu berdiri tanpa ada pesaing yang sebanding. Masa kejayaannya di tandai dengan ukuran telepon genggam dengan desain dan ukuran yang semakin compact. Keberadaan tombol fisik 3×4 pada perangkat pun tampak seperti sebuah keharusan dan menjadi ciri khas tersendiri.

Meski di fase-fase awal beberapa produknya hanya dibekali dengan fitur yang cukup sederhana dengan layar bit monokromatis dan audio monophonic, namun seiring perkembangan, fitur-fitur yang tersemat pun menjadi lebih memadai lagi dengan diimbuhkannya berbagai media, tampilan, serta hiburan yang lebih mutakhir. Satu keunggulan dari brand ini dan menjadikannya sebuah ikon sepanjang masa adalah durabilitas dari setiap produknya yang hampir tidak mudah rusak dan tahan lama.

4) BlackBerry

BlackBerry - 4 Brand Handphone Yang Pernah Berjaya Di Era Telepon Seluler
BlackBerry – 4 Brand Handphone Yang Pernah Berjaya Di Era Telepon Seluler

Terasa baru kemarin, telepon genggam yang satu ini begitu menjamur di pasaran. Produk-produknya yang begitu revolusioner amat diminati oleh banyak lapisan masyarakat di seluruh dunia. Perusahaan telepon genggam yang berasal dari negeri pecahan es, Kanada, ini menjadi daftar keempat sekaligus terakhir dalam jajaran brand telepon genggam yang amat berjaya dieranya. BlackBerry inilah vendor teknologi seluler yang merubah trend telepon genggam dunia berukuran ‘fat & slim’ menjadi ‘thin & wide’. Terobosannya yang menelurkan tombol fisik QWERTY dan track wheel/bal/pad pada berbagai perangkatnya begitu fenomenal hingga menjadi panutan tersendiri oleh banyak brandbrand lain.

Read More  7 Fakta Steve Job Yang Mungkin Kalian Tidak Ketahui

Berawal dari perusahaan bernama Research in Motion atau yang lebih dikenal dengan RIM, BlackBerry tumbuh menjadi ‘buah yang manis’ bagi banyak orang. Hanya berfokus pada teknologi penyerata atau yang lebih dikenal dengan istilah pager dan sistem jaringan email, menghasilkan sebuah terobosan pager dengan fitur dua arah. Namun baru ditahun 2002 lah mereka mulai menyelami pasar perangkat seluler dengan segmen pasar korporasi dan bisnis dengan menggabungkan nuansa personal data assistant (PDA) dan telepon genggam. Sempat mengalami kemunduran di pertengahan dekade awal abad 21, RIM pun dipaksa untuk merubah brand mereka dengan BlackBerry pada tahun 2013. Hadir dengan tampilan yang lebih segar dan terkesan premium, mereka pun dapat berjaya kembali meski tidak lama. Hingga pada akhirnya BlackBerry-pun harus menerima kenyataan bahwa era telepon genggam dengan tombol fisik sudah berakhir dan digantikan dengan era telepon pintar menggunakan layar sentuh yang di dominasi oleh platform android dan iOS.


Itulah 4 Brand Handphone Yang Pernah Berjaya Di Era Telepon Seluler versi nginy.net. Walaupun kejayaan mereka sudah surut dan tidak sehebat ketika di masanya, peran mereka dalam mengembangkan khasanah industri teknologi selular tentunya perlu di apresiasi. Tanpa sumbangsih mereka, barang tentu kemajuan teknologi komunikasi dan informasi tidak akan sempai di titik ini. Setuju? Silahkan tinggalkan komentarmu di kolom yang tersedia dan like serta share ya!

By: Sir Lord Artaz Gang