3 Tutorial Melakukan Backup Pada Web Hosting Dengan Gambar

0
347
views
Featured Image - 3 Tutorial Melakukan Backup Pada Web Hosting
Featured Image - 3 Tutorial Melakukan Backup Pada Web Hosting

3 Tutorial Melakukan Backup Pada Web Hosting Dengan Gambar – Backup Data merupakan hal yang sangat penting, baik itu untuk backup data local, backup data removable, dan tak terkecuali backup data dari network atau hosting. Backup data menjadi semakin penting jika data yang kita miliki merupakan data confidential atau data skrip yang mana dibuat sendiri. Backup data harus dilakukan dengan teratur dan manajemen yang baik guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Backup data bisa dilakukan dengan banyak cara, baik dengan menggunakan bantuan software backup manajemen, sinkronisasi terjadwal, maupun backup secara manual juga bisa dilakukan. Untuk hosting sendiri, secara umum backup bisa dilakukan baik untuk database, website, maupun keseluruhan isi direktori home pemiliki Akun hosting. Pada tutorial kali ini, akan dijelaskan beberapa cara backup data di hosting, dengan menggunakan percontohan hosting cPanel pada web hosting hostinger. Selamat membaca.

1. Backup Database

Backup Database berarti melakukan backup terhadap konten database yang tersimpan di hosting, untuk diekspor menjadi file statement SQL yang bisa disimpan di PC atau direktori server yang sudah ditentukan. Untuk melakukan Backup Database sangatlah mudah :

Read More  8 Langkah Cara Set Up VPN Pada Windows 10

1 ) Masuk dan Login cPanel Anda;

2 ) Pada bagian dashboard, cari padae section File, dan klik pada ikon Backup, atau bisa dengan mengetik Backup pada search box yang tersedia

Jenis backup - 3 Tutorial Melakukan Backup Pada Web Hosting Dengan Gambar
Jenis backup – 3 Tutorial Melakukan Backup Pada Web Hosting Dengan Gambar

3 ) Setelah masuk ke page Backup, akan muncul daftar nama file backup beserta keterangan jenis backup, dalam contoh ini, jenis backup yang disediakan adalah Backup database;

4 ) Klik tombol Downlad yang terdapat pada tabel di halaman tersebut, untuk database yang ingin diunduh.

Download website - 3 Tutorial Melakukan Backup Pada Web Hosting Dengan Gambar
Download website – 3 Tutorial Melakukan Backup Pada Web Hosting Dengan Gambar

2. Backup Website

Backup website berarti melakukan backup terhadap keseluruhan website, dengan begitu, bukan hanya download database saja, tetapi juga Folder home pun akan dibackup ke dalam file archive dan disimpan di drive local PC.

Backup website - 3 Tutorial Melakukan Backup Pada Web Hosting Dengan gambar
Backup website – 3 Tutorial Melakukan Backup Pada Web Hosting Dengan gambar

Untuk melakukan backup website, caranya sama seperti diatas, hanya saja, saat masuk halaman Backup, cari tombol Siapkan Backup Untuk Mengunduh, dan tunggu hingga ada konfirmasi dari system atau hosting, biasanya ini memakan waktu sekitar 20-30 menit, tergantung banyaknya isi data home direktori yang ada pada folder Home di hosting Anda.

Read More  7 Alasan Mengapa Harus Menggunakan Wordpress.org untuk Blogging
Backup website - 3 Tutorial Melakukan Backup Pada Web Hosting Dengan gambar
Backup website – 3 Tutorial Melakukan Backup Pada Web Hosting Dengan gambar

Jika file backup sudah dipersiapkan, maka fungsi untuk download website sudah bisa digunakan. Lihat gambar dibawah ini, dalam hal ini, karena tidak menggunakan subscribe backup harian, maka backup rutin yang dilakukan dari hosting tidak dilakukan setiap hari, tetapi dengan jeda 5-7 hari per 1 backup website.

3. Membuat Backup Baru

Jika sudah hosting tetapi belum melakukan reguler atau daily backup subscribe, maka request untuk pembuatan backup website bisa dilakukan secara manual dengan mengklik tombol Buat Backup Baru diatas, nanti akan ada konfirmasi tunggu seperti langkah sebelumnya, setelah ada konfirmasi dan backup sudah disediakan, bisa Kita download ke local drive di PC Kita. Tanggal terakhir backup tergantung dari kebijakan hosting yang Kita gunakan, biasanya untuk subscribe backup, maka akan mendapatkan backup website terbaru pada tanggal itu juga.


Demikianlah ulasan untuk 3 Tutorial Melakukan Backup Pada Web Hosting Dengan Gambar, webhosting saat ini sudah pasti mendukung fitur Backup, hanya saja fitur dan cron atau scheduling nya yang Berbeda-beda. Semakin baik paket hosting yang digunakan, tentu fitur dan fasilitas backup yang disediakan juga semakin banyak. Yang pasti, sebagai pengguna web hosting, sudah sebaiknya untuk selalu mengatur dan memaintain backup terhadap websitenya sendiri, agar tidak terjadi Hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

If that fails, I plan to grow a mermaids tale and disappear deep beneath the ocean

~ Abbey Kee Kershaw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here