3 Cara Mengatasi Green Screen Of Dead Yang Mungkin Menyelesaikan Masalahmu

0
34
views
Featured Image - 3 Cara Mengatasi Green Screen Of Dead Yang Mungkin Menyelesaikan Masalahmu
Featured Image - 3 Cara Mengatasi Green Screen Of Dead Yang Mungkin Menyelesaikan Masalahmu

3 Cara Mengatasi Green Screen Of Dead Yang Mungkin Menyelesaikan Masalahmu – Istilah Blue Screen of Death (BSoD) pasti sudah sangat familiar bagi para pengguna Windows. Gangguan ini menyebabkan layar monitor berubah warna menjadi biru sehingga sistem Windows tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

Baca juga: Apa itu Bluescreen Pada Sistem Operasi Windows

Tapi anehnya, masalah yang dihadapi oleh Windows bukan lagi sebatas Blue Screen of Death (BSoD) saja. Kini sudah muncul masalah baru yang dinamakan green screen of death, dimana layar monitor berubah warna menjadi hijau seperti gambar di atas. Panik? Sudah pasti panik karena masalah ini sebenarnya jarang terjadi pada komputer.

Tapi daripada panik terus-menerus, silahkan coba cara mengatasi green screen of death yang akan Nginy ulas di bawah ini.

1. Cek Kondisi Monitor dengan Monitor Eksternal

Cek Kabel Monitor eksternal - 3 Cara Mengatasi Green Screen Of Dead Yang Mungkin Menyelesaikan Masalahmu
Cek Kabel Monitor eksternal – 3 Cara Mengatasi Green Screen Of Dead Yang Mungkin Menyelesaikan Masalahmu

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek kondisi monitor yang terkena green screen of death dengan monitor eksternal. Sambungkan kedua monitor ini menggunakan kabel VGA (kabel yang paling banyak digunakan untuk sambungan komputer). Pasang kabel dengan benar agar kabel tersambung dengan baik.

Read More  12 Pesan yang Sering Muncul Pada BsoD dan Cara Penanggulangan

Setelah kabel tersambung, maka gambar atau tampilan yang ada di kedua laptop tersebut akan sama pada saat komputer di start. Tapi tampilan ini akan sama apabila merk komputer yang digunakan sama. Apabila merk komputer yang digunakan berbeda, Anda bisa menekan tombol Fn + F5 untuk komputer merk Toshiba, Fn + F4 untuk merk HP, dan Fn + F7 untuk merk Lenovo, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 8 Langkah Cara Set Up VPN Pada Windows 10

Apabila monitor internal maupun eksternal sama-sama menampilkan warna yang aneh, itu berarti kabel VGA (penghubung) mengalami kerusakan. Apabila warna yang aneh hanya terjadi pada salah satu monitor saja, itu berarti ada kesalahan dalam pemasangan kabel konektor ke komputer. Silahkan perbaiki secepatnya agar kondisi monitor dapat kembali ke warna semula.

2. Kerusakan pada Kabel LCD

Kerusakan pada kabel lcd - 3 Cara Mengatasi Green Screen Of Dead Yang Mungkin Menyelesaikan Masalahmu
Kerusakan pada kabel lcd – 3 Cara Mengatasi Green Screen Of Dead Yang Mungkin Menyelesaikan Masalahmu

Kabel LCD yang sudah rusak juga dapat mengakibatkan layar monitor berubah warna menjadi warna hijau. Jika ternyata kabel yang terhubung ke komputer sudah rusak, sebaiknya ganti kabel yang rusak tersebut dengan kabel baru. Apabila letak sambungan kabel LCD tidak tepat, Anda dapat meggoyang kabel LCD tersebut pada saat komputer sedang beroperasi.

Read More  5 Cara Mengatasi Masalah Audio Tidak Bersuara Pada Linuxmint (Solved)

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Dell XPS 13 Menjadi Laptop Windows Terbaik

Goyang kabel LCD dengan pelan. Pastikan tangan Anda dalam keadaan kering untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bila layar monitor mulai berganti-ganti warna, itu tandanya Anda hampir berhasil membenarkan green screen of death pada komputer. Lakukan terus sampai layar monitor kembali seperti sedia kala.

3. Periksa Koneksi LCD pada Motherboard

Koneksi kabel lcd dan motherboard - 3 Cara Mengatasi Green Screen Of Dead Yang Mungkin Menyelesaikan Masalahmu
Koneksi kabel lcd dan motherboard – 3 Cara Mengatasi Green Screen Of Dead Yang Mungkin Menyelesaikan Masalahmu

Kabel LCD secara otomatis akan menghubungkan monitor ke motherboard pada CPU. Apabila layar monitor berubah warna menjadi hijau, silahkan cek kabel LCD di bagian CPU. Goyangkan kabel tersebut seperti yang sudah Anda lakukan pada langkah kedua. Kalau hasilnya nihil, cabut lalu pasang lagi kabel tersebut dengan baik agar layar monitor kembali ke warna semula.

Baca juga: Perbedaan Antara Windows 32 Bit dan 64 Bit

Apabila kedua langkah di poin ini tidak berhasil juga, itu berarti kabel LCD di motherboard CPU sudah rusak. Anda perlu mengganti kabel yang rusak tersebut agar masalah green screen of death di komputer dapat segera diatasi.

Read More  2 Cara mengatasi Driver Power State Failure Bluescreen Pada Windows 10 (Solved)

Jangan Terlalu Panik

Green screen of death jangan terlalu diambil pusing. Anda bisa melakukan tiga cara di atas apabila suatu saat komputer tiba-tiba berubah warna menjadi hijau. Satu hal yang tidak kalah pentingnya. Green screen of death ini hanya terjadi pada komputer yang sudah menggunakan Windows 10 Build 15002. Kalau komputer Anda masih menggunakan sistem Windows 7 atau 8, itu artinya green screen of death tidak akan mungkin menimpa komputer milikmu.

I am a blogger, this does not mean I will work for free, I have bill to pay just like you thank you for understanding

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here